Rabu, 06 Agustus 2014

5 Cara Menangani Anak yang Campak

Blog Dokter - Campak adalah penyakit yang timbul karena disebabkan oleh infeksi virus rubella yang sangat menular, Virus ini dapat berkembang biak dengan cepat pada tubuh terutama pada bagian selaput lendir tenggorokan dan saluran pernapasan. penyakit ini sering ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis dan ruam pada kulit. Campak sering sekali menyerang pada bayi dan anak-anak usia dini, menginat masih banyak sekali orang yang belum tahu cara yang tepat menangani penyakit ini maka saya akan membagikan artikel mengenai Cara Tepat Menangani Anak Yang Campak.

Campak dikenal sebagai penyakit yang cepat sekali untuk menular, Penularan infeksi bisa terjadi ketika menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada. Oleh karena itu perlu berhati-hati dengan penyakit yang satu ini, namun sebeum pada proses penanganan alangkah lebih baiknya jika mengetahui gejala-gejala yang sering timbul pada penderita campak.

    Cara Menangani Anak yang Campak    

anak mengalami campak
Ilustrasi Anak yang Campak
Pertama - tama ketahui Gejala Campak pada anak :

- Munculnya bintik berwarna kemerahan yang berair di seluruh tubuh.

- Hilangnya Nafsu makan disertai sakit kepala.

- Demam tinggi, batuk dan sering berair.

- Mata merah

- Beberapa penderita campak disertai dengan penurunan kadar trombosit dalam dalam darah, sehingga lebih mudah mengalami memar.

- Takut pada cahaya.

Setelah anda tahu gejala-gejala diatas lalu bagaimana cara menangani anak yang campak , simak tips dibawah ini.

1. Berikan asupan makanan yang bergizi dan cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

2. Rawat diruangan khusus agar tidak menular ke orang lain.

3. Jaga kebersihan tubuh anak, dengan tetap memandikan anak untuk terhindar dari bakteri yang menempel pada kulit dari keringat anak.

4. Jika diikuti dengan demam maka berikan asetaminofen atau ibuprofen.

5. Istirahat yang cukup

Namun jika campak yang menyerang anak tergolong parah dan diikuti komplikasi seperti infeksi telinga, diare, radang otak atau radang paru-paru maka segeralah bawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan yang lebih intensif lagi.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Dibawah ini :
Nah semoga artikel ini dapat membantu para orang tua yang mungkin baru pertama mengalami campak pada anaknya, sekian saja artikel dari saya mengenai Cara Tepat Menangani Anak Yang Campak. semoga bermanfaat bagi sahabat Blog Dokter.