Senin, 10 November 2014

7 Tips Bangun Pagi Terasa Segar dan Fit

Blog Dokter - Sering mendapati diri Anda merasa kelelahan dan kurang bersemangat ketika bangun di pagi hari ? Berbagai faktor dapat mencetus hal ini, termasuk kurangnya porsi tidur seseorang di malam hari, kondisi psikis seseorang, bahkan asupan makanan yang kita konsumsi. Tentu saja ini berdampak buruk bagi Anda yang harus masuk kerja, sekolah, kampus, bahkan punya janji temu di pagi hari. Ingat tidak ? pagi hari adalah dimana kita memulai aktivitas seharian. Jika awalnya saja Anda sudah tidak mood, bagaimana bisa membuat sebuah hari yang sukses dalam perjalanan hidup Anda ?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips untuk membuat bangun pagi Anda terasa segar dan fit :

  Tips Bangun Pagi Terasa Segar dan Fit  

bangun pagi fit
Ilustrasi Wanita yang Bangun Pagi dengan Segar
Berikut 7 Tips Bangun Pagi Terasa Segar dan Fit.

 1  Hindari Makan atau Ngemil Sebelum Tidur

Di malam hari, Anda pasti pernah merasakan lapar kembali, padahal sebelumnya sudah makan malam. Ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi kurang bernutrisi, sehingga membuat perut Anda butuh asupan lebih. Karena terhasut oleh nafsu lapar tersebut, Anda tetap saja mengisi perut kembali dengan camilan atau makanan berat sekalipun. Ingat, hal ini bisa membuat diet Anda tidak berhasil sekaligus menyiksa organ pencernaan Anda semalaman. Organ pencernaan kita butuh istirahat juga loh ! Makanan yang Anda konsumsi pas sebelum tidur, membuat organ pencernaan Anda bekerja semalaman yang dapat membuat tubuh Anda lelah di pagi hari. Tentu ini tidak baik bagi kesehatan pencernaan Anda. Untuk itu, disarankan bagi Anda ketika makan malam, konsumsilah makanan bernutrisi dan sehat yang bisa membuat tahan lapar semalaman. Selada, sup atau sayur bening, paprika, buncis, tahu, udang, daging tanpa lemak, keju rendah lemak, ikan, bawang merah, brokoli adalah beberapa makanan yang disarankan untuk menu makan malam bernutrisi dan dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hindari buah jeruk, nanas, anggur, beri, pizza, daging merah, sereal, permen yang dapat mengganggu pencernaan Anda di malam hari.

 2  Tidur yang Cukup

Tayangan favorit Anda di atas pukul 10 malam adalah salah satu hambatan terbesar untuk mendapatkan porsi tidur yang cukup. Apalagi jika Anda harus lembur dengan seabrek tugas kantor yang menyita sebagian tidur malam Anda. Urusan kantor tetap urusan kantor, tidak akan pernah habis. Sediakan minimal lima jam tidur di malam hari.

 3  Jauhkan telepon seluler, tablet dan laptop ketika Anda tidur

Cas telepon seluler dan tablet menghasilkan cahaya biru yang dapat mengganggu pembentukan melatonin, semacam hormon tidur, yang jika kekurangan, akan menyebabkan gangguan tidur bahkan berat badan.Untuk itu, non-aktifkan telepon seluler, tablet, maupun laptop Anda ketika tidur. Hal ini juga dapat mengurangi pemaparan radiasi dari alat-alat tersebut yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

 4  Sempatkan Berolahraga Pagi

Sit-up, push-up, lari pagi, pemanasan, atau jalan santai dapat meningkatkan metabolisme tubuh oleh gerak yang dihasilkan. Hal ini dapat memperlancar aliran darah serta meningkatkan kadar oksigen yang dapat membuat Anda segar dan bugar untuk memulai aktivitas seharian.

 5  Gunakan Alarm Biologis (Alarm Bawah Sadar)

Alarm biologis atau alarm bawah sadar dapat membuat tidur 15-30 menit Anda terasa seperti 5 jam. Tergantung seberapraman pikiran untuk mendapatkan pola tidur yang efektif. Berniat atau berdoalah sebelum tidur kepaa besar Anda menyugesti pikiran Anda sebelum tidur. Alarm bawah sadar merupakan pemrogda Tuhan agar bisa tidur dengan nyaman dan bangun dengan tubuh dan jiwa yang segar, atur nafas, lalu pada keesokan hari jika berhasil, Anda akan bangun lebih cepat dari alarm weker yang sudah disetel. Jika tidak berhasil, terus coba. Jangan lupa mengucapkan syukur pada Tuhan jika bisa bangun dengan segar di pagi hari.

 6  Tidak tergesa-gesa ketika bangun tidur


Hendaklah menata perasaan ketika baru bangun. Duduklah sejenak di sisi tempat tidur, usap wajah, bersyukur pada Tuhan karena masih diberi kesempatan untuk menikmati hidup, lalu perlahan bangkit untuk melakukan aktivitas Anda.

 7  Minum Segelas Air Putih Ketika Bangun di Pagi Hari

Meskipun Anda tidak haus ketika bangun tidur di pagi hari, biasakanlah meminum segelas air putih hangat. Mengonsumsi air putih di pagi hari dapat menetralisir racun dan lendir yang tidak berguna dari tubuh, memperlancar buang air besar, membersihkan usus, meremajakan otot dan sel-sel darah, menyeimbangkan sistem limpa, melangsingkan tubuh, menyehatkan organ ginjal, dan membuat kulit bercahaya.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :


Seperti itulah 7 tips agar bisa membuat bangun pagi terasa segar dan fit untuk melakukan aktivitas dengan baik. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter bisa memulai pola hidup yang sehat agar tetap bugar saat beraktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar