Kamis, 28 November 2013

10 Cara Mudah Menghilangkan Stress

BlogDokter - Saat banyak masalah dan pikiran tentunya menjadi saat-saat yang sangat berat. Terkadang saat berada pada masa itu, maka otak bisa menjadi stress dan bahkan dalam jangka panjang akan menjadi depresi. Stress sangatlah tidak baik bagi kesehatan mental dan pastinya akan berpengaruh secara tidak langsung bagi kesehatan fisik anda.

Oleh karena itu untuk menghindari dan menghilangkan stress anda, sebaiknya anda perlu melakukan refreshing dan juga mengikuti tips di bawah ini.

10 Cara Mudah Menghilangkan Stress

Ilustrasi Mengalami Wanita Stress
Berikut adalah cara mudah menghilangkan stress secara alami

1. Tertawa

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah. Tanpa mengeluarkan biaya yang banyak anda sudah bisa menghilangkan stress. Tertawa tentunya sangat bermanfaat sebab dengan tertawa hal tersebut dapat membantu oksigen mengalir keseluruh organ tubuh anda.

Anda bisa menonton film komedi dan juga menonton hiburan yang bisa membuat anda tertawa. Namun ingat saat tertawa anda juga harus mengontro nya sebab berlebihan dalam tertawa juga bisa sangat berbahaya.

2. Habiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Hewan peliharan sebenarnya bukan hanya berguna dalam menyalurkan hobi anda. Hewan peliharaan tentunya bisa membantu anda untuk  menjaga kesehatan tentunya dalam melepaskan stress. Jika anda berbagi kasih dengan hewan peliharaan seperti membelainya maka beberapa hormon seperti serotonin, prolaktin, dan oksitosin akan terlepas. Selain itu juga dapat menurunkan sejumlah hormon stres yang merusak. Hal ini bisa membuat tekanan darah rendah, kurangnya kecemasan dan kekebalan yang lebih baik.

4. Kerjakan pekerjaan rumah

Jika anda sedang merasa stress janganlah sekali-kali untuk meninggalkan keseharian anda. Mungkin sederhana namun tetap mengerjakan pekerjaan rumah anda seperti biasa akan sangat membantu dalam menatsi stress. Jika anda stress maka pikiran akan terasa berat namun saat tetap beaktifitas pikiran akan terbagi dan tidak yerfokus pada hal yang anda stress kan.

5. Minum jus

Jus alami dipercaya dapat mengembalikan kekebalan tubuh. Saat stress kekebalan tubuh juga berkurang dan menyebabkan anda menjadi lemah. Meminum jus seperti jus jeruk yang mengandung banyak viamin C akan membantu memperbaiki hormon kortisol.

6. Bernyanyi dengan lantang

Pernahkan anda melihat seseorang bernyanyi dengan suara keras? Jangan menganggap orang tersebut gila. Salah satu tips ampuh dalam mengatasi stress adalah dengan bernyanyi sekeras mungkin. Hal itu tidak hanya dapat melepas beban namun juga bisa mengatur sistem peredaran darah ke jantung dan juga pernapasan.

7. Berjalan kaki

Olahraga juga sangatlah berguna. Anda bisa memproduksi endofrin  yang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Berolahraga di cuaca yang hangat bisa meningkatkan mood Anda, sementara jalan cepat setiap hari sekitar 30 menit dapat mengurangi tingkat stres.

8. Tarik napas dalam-dalam

Tarik nafas anda dalam-dlama disertai dengan  wewangian seperti lavender atau mawar, dan cobalah hirup wanginya dalam-dalam. secara instan, hal tersebut bisa membuat Anda merasa lebih santai dan tingkat hormon kortisol akan menurun.

Jika Anda lebih cenderung tidak menggunakan wewangian, cobalah melakukan pengambilan napas dalam-dalam secara teratur. Ini akan mengirinkan oksigen melalui aliran darah, membantu untuk menenangkan diri dan mengalahkan stres.

9. Pijat.

Dengan melakukan pijatan selama 15 menit saja mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Bahkan, cara mudah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan juga mampu memberikan efek yang sama dengan pijat.

10. Menulis.

Anda mungkin ingat bagaimana B.J Habibie disarankan untuk mengatasi stress nya saat istrinya meninggal. Ya, dengan menulis. Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama dua hari mampu menurunkan kadar stres. Menuliskan perasaan pada kertas juga membantu kita melewati perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri.

Terima kasih telah membaca 10 cara sederhana menghilangkan stress dalam hitingan menit. Semoga dengan artikel diatas stress anda dapat hilang dengan cepat.

Baca juga : 10 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar