Kamis, 25 Desember 2014

10 Tahapan Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga Part 3

Pentingnya kontrol kehamilan. Sekitar 3 bulan lagi sikecil akan lahir kedunia. Ditahap ini, Ibu jangan lupa untuk lebih sering kontrol kedokter. Mari kita lihat alasan kenapa harus melakukan pengontrolan saat trimester ketiga:

Tahapan Perkembangan Janin Trimester Ketiga Minggu ke 27 - Minggu ke 40.

1 Di trimester ini, ibu bisa kembali mengalami nyeri dipinggang, sesak nafas, berkeringat dan gatal, hingga kaki bengkak. Lagi-lagi ini karena aktifitas hormon kehamilan meningkat.

2 Perut yang semakin besar menyebabkan tekanan pada kandungan kemih sehingga urin ibu mudah keluar. Tetap minum minimal 8 gelas/hari, jangan menunda buang air kecil. Berlatih kegel, dan bila perlu gunakan pembalut.

Tahapan Perkembangan Janin Trimester Ketiga 


3 Usia kehamilan 30-40 minggu membuat jantung dan paru-paru ibu bekerja lebih giat guna memasok oksigen dan zat gizi bagi janin. Lakukan jalan santai dengan tubuh tegak, serta berolahraga ringan dan latihan olah pernafasan.

4 Perasaan bosan dan lelah mungkin saja timbul dibenak ibu hamil. Wajar saja, sih, namun jangan biarkan terus menggelayut. Berbelanjalah perlengkapan bayi dan menata kamarnya bisa menjadi salah satu obat mujarab.

5 Di minggu-minggu terakhir, Ibu hamil disarankan untuk memperbanyak relaksasi diri. Relaksasi menjadi cara efektif untuk mengatasi kecemasan, stres, dan mood yang naik turun. Ayo semangat, bu!.

Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga, Ia siap dilahirkan

Si kecil tumbuh makin besar dan sempurna di dalam perut Ibu. Info berikut ini perlu ibu perhatikan agar ibu lebih siap menyambut si kecil. 


1 Awal trimester ini, panjangnya telah mencapai 25 cm dwngan berat 1200g. Ia juga kian sering melakukan gerakan menendang, meregang, meluruskan tangan atau kaki.

2 Tak hanya tubuh yang makin membesar, kuku jari tangan dan kaki janin telah tumbuh secara lengkap memenuhi seluruh ujung jemarinya. Yang menarik, janin mulai memutar tubuhnya dengan kepala menghadap ke bagian bawah rahim.

3 Di minggu-minggu ini, tubuh janin mulai merasakan sensitivitas terhadap panas, dingin, tekanan, serta rasa geli, dan sakit. Stimulasi berupa sentuhan akan merangsang perkembangan fisiknya karena secara tidak langsung ibu, mengajak janin 'berolahraga', seperti menendang, memukul, atau berputar. 

4 Dengan berat sekitar 2000 gram dan panjang 29 cm, bentuk janin ibu sudah sama dengan saat dilahirkan nanti. Kukunya pun semakin tajam dan organ kulit sudah menyerupai kulit orang dewasa.

5 Wah, janin ibu kini sudah cukup bulan. Dengan berat antara 2500-4000 gram serta panjang 48-52 cm, bagian kepala telah berada dubawah dan bokongnya diatas (posisi normal). Siap-siap mendengar tangisannya, Bu!.

Seperti itulah 10 tahapan perkembangan janin trimester ketiga yang siap untuk melahirkan. Semoga dengan tips diatas pembaca dapat mengetahui hal hal yang terjadi dalam perkembangan janin di dalam perut dan saya berharap semua ibu hamil dapat melahirkan dengan selamat, serta mendapatkan bayi yang sehat.

Lihat Juga Part 1 dan Part 2.