Minggu, 21 Desember 2014

10 Tahapan Tumbuh Kembang Janin Trimester I Part 1

Tahapan tumbuh kembang janin di minggu awal kehamilan dimulai dari sebentuk embrio. Di akhir trimester pertama, beberapa organ tubuh janin akan tampak dan ia pun mulai bergerak lincah. Yuk, cek tumbuh kembang janin di trimester pertama:

Berikut 10 Tahapan Tumbuh Kembang Janin Trimester I Minggu 1 - Minggu ke 13.

1. Di minggu-minggu awal, sel telur yang sudah dibuahi mengalami perkembangan sangat cepat. Dari embrio, sel-sel bayi kemudian akan membentuk tiga lapisan jaringan, organ-organ tubuh, dan sistem syaraf.

Tahapan Tumbuh Kembang Janin Trimester I 


2. Pada minggu ke 4 - 8, wajah bayi, kulit, rambut, lensa mata, emqil gigi, dan sistem syaraf mulai terbentuk. Begitu pula dengan organ-organ, seperti paru-paru, hati sistem pencernaan, pankreas, tulang, otot, ginjal, pembulu darah. Jantungnya pun mulai berdenyut.

3. Di minggu ke 5 - 7, janin sudah sepanjang 2-4 milimeter. Hidung, mulut, dan telinga mulai kelihatan bentuknya!

4. Memasuki minggu ke 8, perkembangan otak dan kepala berlangsung pesat sehingga kepalanya lebih besar dari daripada bagian tubuh lainnya. Bagian atas akan meluas membentuk otak bagian depan. Sementara itu, tangan janin masih tampak seperti sirip.

5. Menjelang akhir trimester l, rambut, kuku jari tangan dan kaki janin tumbuh. Ia pun mulai aktif bergerak guna menemukan posisi-posisi yang lebih nyaman. Dalam satu jam, janin dapat berubah posisi sebanyak 20 kali!.

Masa adaptasi tubuh

Kondisi ibu di 3 bulan pertama kehamilan merupakan masa adaptasi tubuh yang salah satunya disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan. Banyak perubahan pada tubuh dan emosi yang akan ibu rasakan seperti berikut: 


1. Kadar hormin dalam tubuh meningkat secara drastis. Ibu akan merasa mual-mual karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon. Kondisi ini akan berangsur-angsur normal kembali seiring bertambahnya usia kehamilan.

2. Jumlah kelenjar susu bertambah dan memproduksi kolostrum sehingga payudara lebuh besar dan kenyal, warna puting dan areola pun lebih gelap.

3. Peningkatan dan perubahan hormon bisa menyebabkan wajah ibu penuh jerawat, rambut rontok, dan kulu mudah rapuh. Selain melakukan perawatan tubuh yang aman bagi ibu hamil, konsumsilah makanan yang mengandung protein, kalsium, dan aneka vitamin.

4. Sebagian ibu hamil mengalami kaki dan wajah membengkak disebabkan volume darah dan cairan tubuh meningkat, gangguan sirkulasi darah, atau kadar garam dalam darah terlalu tinggi. Perbanyak makan buah dan sayuran segar, hindari makanan tinggi kalori dan garam, serta minum 8 gelas air putih per hari.

5. Pada awal kehamilan, ibu hamil biasanya diwarnai dengan emosi yang turun-naik. Yuk, kelola suasana hati ibu agar tidak menjadi stres. Ibu bisa mencoba mendengarkan musik favorit atau olahraga berenang!.

Seperti itulah tahapan tumbuh kembangnya janin dan masa adaptasi janin dengan tubuh. Semoga dengan tips diatas pembaca dapat mengetahui perkembangan janin anda. Baca part 2 dan part 3