Jumat, 07 Februari 2014

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Blog Dokter - Jahe merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat jamu. Sebab dengan adanya kandungan jahe memberikan banyak manfaat, oleh karena itu banyak dari jamu kesehatan tentunya mengandung kandungan jahe. Selain memberikan rasa hangat pada tubuh banyak sekali manfaat yang lainnya yang bisa anda dapatkan.

Beberapa manfaat di bawah ini yang diambil dari berbagai sumber semoga dapat memberikan anda manfaat yang luar biasa.

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan
Ilustrasi Jahe yang sudah di olah
Berikut 10 manfaat jahe untuk kesehatan

1. Kontrol kadar gula darah

Mminum jahe di pag hari sangat baik untuk mengontrol gula darah anda. Oleh karena itu bukan hanya baik bagi penderita diabetes, bagi anda yang ingin mencegah penyakit diabetes sangat baik untuk mengonsumsinya sehari-hari.

2. Anti inflamasi

Jahe memiliki sumber senyawa anti-inflamasi yang kuat atau disebut gingerol. Senyawa ini membantu mengurangi gejala arthritis (radang sendi), osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

3. Meredakan masalah perut

Masalah pencernaan serta masalah perut lainnya bisa anda atasi dengan menggunakan jahe.

4. Mual pagi

Jahe diketahui efektif dalam memberikan bantuan bagi penderita mual pagi (morning sickness). Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen keberhasilan atasi mual pagi ini dijamin para penelitian kesehatan.

5. Sirkulasi darah

Jahe mengandung mineral seperti seng, kromium dan magnesium yang membantu sirkulasi darah yang optimal dalam tubuh.

6. Mencegah kanker usus besar

Jahe telah dibuktikan dapat memperlambat laju pertumbuhan sel kanker kolorektal. Sel inilah yang nantinya akan menyebabkan kanker usus.

7. Melindungi kesehatan jantung

Mengonsumsi jahe teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hal ini juga berarti jahe bisa menurunkan risiko stroke dan serangan jantung karena sifatnya yang meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL).

8. Meredakan sakit kepala dan migrain

Mengunyah sepotong jahe segar selama sekitar 30 menit diyakini dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

9. Mengatasi masalah tenggorokan


Jahe dapat mengikis rasa gatal di tenggorokan. Seduh secangkir jahe hangat dan minum tiga kali sehari.

10. Meredakan flu

Jahe mengandung sifat antivirus. Jadi, ketika Anda flu atau pilek, siapkan saja minuman jahe untuk melegakan tenggorokan dan hidung mampet.

Terima kasih telah membaca 10 manfaat jahe untuk kesehatan. Semoga dengan artikel diatas anda dapat mengkonsumsi jahe untuk kesehatan anda dan keluarga.

Baca juga : 7 Manfaat Madu untuk kesehatan