Sabtu, 01 Februari 2014

8 Tips Merawat Rambut Kering

Blog Dokter - Rambut adalah mahkota bagi seiap orang. Memiliki rambut indah dan sehat adalah menjadi keharusan bahkan jika anda memakai hijab sekalipun. Banyak masalah rambut yang sering muncul akibat lingkungan dan perawatan yang kurang baik. Salah satunya ialah masalah pada rambut kering. Rambut kering merupakan masalah awal yang bisa membawa anda pada masalah rambut yang lebih parah sepeti rambut bercabang dan juga rambut yang memerah.

Beberapa tips merawat rambut di bawah ini telah di ambil dari berbagai sumber semoga dapat bermanfaat untuk anda ikuti.

8 Tips Merawat Rambut Kering

Merawat rambut kering
Ilustrasi Wanita Merawat Rambut Kering
Berikut 8 Cara Mudah Merawat rambut kering

1. Selektiflah Memilih Kosmetik

Pemilihan kosmetik atau rambut seperti hair treatment, conditioner dan semacamnya harus anda perhatikan. Lihatlha kandungan yang ada pada kosmetik tersebut sehingga anda bisa memilih yang sesuai dengan jenis rambut anda.

2.Jangan Terlalu Sering Keramas

Kulit kepala memiliki system yang bisa memperoduksi minyak tersendiri. Hal tersebut untuk menjaga kelembaban rambut. Oleh karena itu keramas terlalu sering akan menyebabkan rambut kehilangan kelembaban alaminya.

3.Pakai Kondisioner Setelah Keramas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, shampo dapat memberikan efek kering bagi rambut. Untuk itu jangan abaikan pentingnya penggunaan kondisioner untuk rambut anda. Kondisioner sendiri berfungsi untuk melindungi rambut serta menjaga kelembaban alami rambut anda. Untuk itu, biasakan untuk memakai kondisioner setiap sehabis keramas agar terhindar dari rambut kering.

4.Hati-hati Menggunakan Pewarna Rambut

Zat pewarna rambut dapat mencegah terserapnya air dan minyak ke dalam rambut, sehingga rambut akan menjadi kering dan kasar. Seingga hindarilah mewarnai rambut anda terlalu sering. Namun jika terpaksa harus menggunakan pewarna, usahakanlah untuk selalu rajin mengenakan kondisioner.

5.Konsumsi Cukup Air dan Makanan Bernutrisi

Seperti pada artikel sebelumnya, air memiliki banyak manfaat. Air sangat penting artinya bagi kesehatan rambut anda. Mengkonsumsi cukup air akan membuat rambut tetap terlindungi kelembabannya sehingga tidak akan mudah kering. Selain air, penuhi juga asupan vitamin E anda. Vitamin E dapat diperoleh dari kacang-kacangan serta sayuran hijau.

6.Bilas Dengan Air DIngin

Membilas rambut dengan air hangat memanglah sangat nyaman. Namun anda harus menghentikan kebiasaan itu karena akan membuat rambut bertambah kering. Gunakanlah air dingin untuk membilas rambut anda.

7.Jangan Mengikat rambut terlalu lama

Lepaskan ikatan rambut ketika tidur. Biarkan rambut ‘bernafas’ setelah seharian beraktivitas. Ikatan yang terlalu kuat akan menyebabkan helaian rambut tertarik dan akhirnya rontok.

8.Jangan menyisir rambut yang basah

Jika dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Biarkan rambut anda kering secara alami.

Terima kasih telah membaca 8 cara mudah merawat rambut kering. Semoga dengan tips diatas anda dapat memiliki rambut yang sehat dan berkilau.

Baca juga : 10 Cara Alami Mencegah Rambut Rontok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar