Sabtu, 07 Juni 2014

4 Gejala dan Penyebab Amandel Pada Anak

Blog Dokter - Amandel adalah suatu bagian yang terdapat pada jaringan limfa yang letaknya tepat di bagian belakang tenggorokan, diantara kedua sisinya. Amandel bisa meradang karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Namun kabar baiknya, amandel akan segera kembali ke bentuk normal ketika sudah tidak terjadi infeksi. Radang amandel bisa dialami oleh siapa pun, namun paling banyak diderita oleh anak-anak.

4 Gejala dan Penyebab Amandel Pada Anak

gejala Penyebab Amandel
Ilustrasi mengalami gejala penyakit amandel
Berikut ini beberapa gejala dan penyebab amandel yang akan terjadi pada anak-anak.

 1  Sakit tenggorokan
Sebenarnya gejala ini bukanlah gejala khusus, karena orang dewasa pun biasanya mengalami sakit tenggorokan ketika akan mengalami sakit amandel. Namun pada anak, gejala awal sakit amandel ini akan terjadi selama dua hari lebih, anak pun menjadi sulit untuk menelan makanan karena tenggorokan akan terasa nyeri ketika dilewati oleh makanan. Jika anak Anda kebetulan menunjukkan gejala yang sama, cobalah Anda pastikan dengan benar, apa dia akan mengalami sakit amandel atau justru radang tenggorokan. 

 2  Demam
Gejala dan penyebab amandel pada anak juga bisa dilihat ketika terjadi kenaikan suhu tubuh, karena demam merupakan gejala sakit amandel yang anak Anda alami sudah berada pada level yang cukup parah. Turunkanlah suhu tubuh anak dengan memberikannya banyak air putih, namun bilamana demam tidak juga turun, segera ambil tindakan cepat dengan membawa anak ke dokter. Selain demam, sakit amandel pada anak juga akan membuat anak merasakan sakit kepala. 

 3  Amandel membesar
Gejala mudah dan bisa dilihat oleh mata, lihat dengan sebaik mungkin kondisi amandel anak Anda, apa terlihat berwarna merah disertai dengan perubahan bentuk amandel yang semakin membesar atau terdapatnya titik putih di daerah amandel. Jika kondisi amandel anak Anda sesuai dengan deskripsi tersebut, maka tidak salah lagi jika anak Anda memang sedang mengalami sakit amandel, oleh karenanya pantau terus makanan dan minumannya, jangan izinkan anak untuk menyantap makanan pedas atau minum es karena hal itu justru bisa membuat peradangan amandel pada anak semakin parah. 

 4  Terdapat pembengkakan dan perubahan suara
Amandel menyebabkan kelenjar getah bening yang berada tepat di bawah rahang serta leher mengalami pembengkakan. Perubahan suara pun bisa menjadi petunjuk jika memang ada masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan cepat. Sakit amandel akan merubah suara anak Anda yang awalnya normal menjadi serak, suara anak yang serak semakin terdengar serak bahkan yang lebih parah suara anak Anda bisa hilang. Gejala dan penyebab amandel bisa segera dilihat bilamana Anda termasuk salahsatu orang tua yang siap siaga dan perhatian, segera bawa anak ke dokter untuk penanganan yang lebih baik dan sakit amandel yang dialami anak Anda tidak membuatnya merasakan sakit terlalu lama.

Terima kasih telah membaca 4 gejala dan penyebab amandel pada anak. Semoga dengan tips diatas anda dapat mengambil langkah yang sangat baik untuk anak.

Lihat Juga : 7 Cara Alami Mengobati Amandel