Sabtu, 06 September 2014

6 Tips Menjaga Kesehatan Usus

Blog Dokter - 6 Tips Menjaga Kesehatan Usus. Kesehatan tubuh merupakan hal yang utama yang harus diperhatikan. Utamanya beberapa organ penting dalam tubuh anda. Dalam sistem pencernaan usus menjadi sangat penting fungsinya mengingat makanan akan melalui usus sebelum dicerna di beberapa organ lainnya. Sehingga janganlah pernah menganggap remeh kesehatan usus anda sebab akan mempengaruhi sistem pencernaan.

    6 Tips Menjaga Kesehatan Usus Sejak Dini    

Menjaga Kesehatan Usus
Ilustrasi Wanita Merawat Kesehatan Ususnya
Beberapa tips di bawah ini merupakan cara menjaga kesehatan usus anda. Semoga bisa bermanfaat.

 1  Makan dengan porsi kecil namun sering.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar akan sangat berbahaya bagi usus sebab usus akan bekerja dengan sangat keras. Oleh karena itu teknik makan juga sangat diperlukan, yaitu makanlah dalam porsi kecil namun sering agar kebutuhan akan asupan makanan anda tetap terjaga agar usus tetap sehat.

 2 
 Konsumsi makanan segar.

Pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang segar. Hindari makanan yang mengandung pengawet sehingga anda bisa menjamin bahwa makanan yang anda konsumsi mengandung serat yang banyak dan Usahakan mengonsumsi buah yang dapat membersihkan usus.

 3 
 Konsumsi makanan berbakteri probiotik.

Bakteri tidak semuanya memberikan kerugian, bakteri jahat akan sangat baik bagi usus anda atau lebih dikenal dengan probiotik. Sangat banyak minuman yang disediakan sengaja untuk membentuk probiotik pada usus.

 4 
 Kurangi gula.

Saat mengonsumsi gula usus akan bekerja dengan keras, oleh karena itu kurangilah mengonsumsi gula agar kesehatan usus anda terjaga.

 5 
 Kurangi stress.

Saat anda stress maka usus juga akan terganggu, hal ini disebabkan fungsi pencernaan yang diatur oleh saraf tertentu akan terganggu pula. Selain itu beberapa gerakan usus yang diatur oleh saraf tersebut akan mengalami gangguan.

 6 
 Istirahat cukup.

Istirahat yang cukup akan memberikan anda kesehatan yang baik utamanya bagi kesehatan pencernaan. Saat beristirahat usus juga akan ikut beristirahat dan memberikan usus anda kesehatan.

Itulah beberapa cara merawat usus anda agar tetap sehat. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat menjaga ususnya agar dapat mencerna dengan baik.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar