Minggu, 28 September 2014

Ketahui 8 Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Blog Dokter - 8 Tanda - tanda yang dapat membahayakan kehamilan anda. Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan namun saat hamil akan banyak sekali resiko yang memberikan dampak yang berbahaya bagi anda. Anda sebaiknya berhati-hati dalam menjaga kehamilan anda, selain itu anda juga perlu melihat dan membaca tanda-tanda jika anda mengalami hal yang tidak biasa.

Oleh karena itu di bawah ini kami memberikan beberapa tanda bahaya bagi kehamilan anda. Anda perlu memperhatikan nya dengan cermat mengingat akan sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

wanita hamil
Ilustrasi Wanita Hamil Yang Sakit
Berikut 8 tanda bahaya pada kehamilan.

1. Mual dan muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum).

Mual dan muntah atau dalam istilah medis dikenal dengan Hiperemesis gravidarum memanglah hal biasa bagi wanita hamil. Namun hal tersebut juga punya limit. Anda harus memperhatikan jika anda mual dan muntah secara berlebihan. Hal tersebut bisa saja memberikan dampak pada kekurangan cairan pada tubuh anda dan menimbulkan kekurangan nutrisi tubuh. Jika hal ini terus berlanjut maka akan berdampak buruk bagi janin anda dan kesehatan anda.

2. Kurang darah (anemia).

Saat hamil anemia rentan terjadi, namun anda harus mengontrolnya agar kondisi anda bisa tetap terjaga. Janganlah membiarkan ini terjadi, jika tanda-tanda seperti pusing dan mudah lelah sering menghampiri anda maka anda sebaiknya sudah mulai khawatir. Bamun anda juga harus mengenali perbedaan dari anemia dan juga tekanan darah tinggi sebab kedua hal tersebut bisa saja serupa. Jika anemia anda akan merasa pusing setelah melakukan aktifitas dan sebaliknya akan terjadi jika anda hipertensi.

3. Berat badan ibu hamil tidak naik.

Kenaikan berat badan pada ibu hamil sangatlah wajar tejadi sebab hal itulah yang menandakan adanya pertumbuhan janin pada rahi ibu. Namun jika tidak ada tanda kenaikan berat badan maka akan sangat mengkhawatirkan sebab berpotensi ibu dan janin mengalami gizi yang buruk.

4. Gerakan janin berkurang atau tidak ada.

Saat memasuki bulan ke 5 maka janin dalam rahim ibu akan senantiasa bergerak. Jika anda merasa bahwa gerakan dalam janin anda berkurang sebaiknya segera periksakan pada dokter anda, karena dikhawatirkan terganggunya keadaan bayi anda.

5. Penyakit Ibu yang berpengaruh terhadap kehamilan.

Beberapa penyakit yang bisa mengganggu kehamilan seperti diabetes,jantung dan beberapa penyakit lainnya haruslah diatasi sedini mungkin. Anda harus memeberikan persiapan yang intensif sebelum kehamilan.

6. Ketuban pecah dini (KPD).

Ketuban pecah dini adalah keluarnya cairan ketuban dari vagina setelah kehamilan berusia 22 pekan. Jika ketuban pecah pada masa sebelum kelahiran hal tersebut haru dicurigai. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada kandungan anda.

7. Perdarahan.

Pendarahan pada masa kehamilan jangan dianggap remeh. Pendarahan memberikan anda tanda bahwa adanya gangguan yang terjadi pada kehamilan anda. Pada bulan berapapu anda harus segera berkonsultasi jika mengalami pendarahan.

8. Demam tinggi.

Saat hamil dan mengalami demam tinggi dapat disebabkan karena infeksi atau penyakit lain. Sehingga sangat penting untuk segera menindaki seorang ibu hamil jika ia terkena demam tinggi.

Seperti itulah 8 tanda - tanda yang dapat membahayakan kehamilan. Semoga dengan mengetahui tanda diatas para sahabat blog dokter yang hamil dapat mengambil tindakan yang baik dan benar.

Jangan Lewatkan Tips Hamil Lainnya :