Selasa, 07 Januari 2014

6 Cara Alami Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Blog Dokter - Berolahraga memnag sangatlah baik untuk kesehatan anda. Namun tidak jarang banyak orang mengeluh karena nyeri otot yang dialami setelah berolahraga. Nyeri otot itu bisa saja mengganggu aktifitas anda sehingga penting untuk mengambil langkah cepat untuk mengurangi nyeri otot.

6 Cara Alami Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

6 Cara Alami Mengurangi Nyeri Otot - BlogDokter
Ilustrasi Mengatasi Nyeri Otot Belakang
Berikut merupakan cara alami mengurangi nyeri otot sesudah berolahraga dan fitness.

1. Sereal Gandum

Sereal gandum baik dikonsumsi setelah anda berolaraga. Kandungan karbohidratnya bisa membantu menghilangkan rasa lelah dengan cara mengembalikan pasokan glikogen yang berkurang atau habis saat berolahraga. Ini sangat penting dalam mengembalikan pasokan energi setelah olahraga demi menghindari rasa kantuk.

2. Buah Ceri

Buah ceri banyak mengandung zat anti-inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot Buah ini juga kaya antioksidan anthocyanin yang bermanfaat membantu penyembuhan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk kue ataupun jus.

3. Kacang

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Semua jenis kacang memiliki kandungan tinggi vitamin E yang memiliki kelebihan dalam mengembalikan tenaga otot, melawan nyeri otot, dan mengobati cedera jaringan otot.

4. Buah Beri

Raspberry memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari cedera. Selain bisa mengurangi rasa nyeri otot, berry juga bisa melindungi cedera-cedera sel lainnya yang bisa berakibat kanker. Secara umum, semakin gelap warna buah berry menandakan semakin banyaknya kandungan antioksidan, misalnya pada blackberry dan blueberry.

5. Ikan

Ikan sangatlah mudah untuk didapatkan. Ikan secara umum memiliki kandungan utama protein dan asam lemak esensial. Asam lemak ini mampu membantu mengurangi peradangan dan melawan nyeri otot. Jika tidak begitu menggemari ikan, Anda bisa coba mengonsumsi suplemen minyak ikan sebagai alternatif.

6. Telur

Telur, termasuk juga kuning telur, kaya akan protein dan vitamin D yang mampu melawan nyeri otot dan membantu pertumbuhan otot. Kekurangan vitamin D merupakan salah satu kondisi yang paling banyak diderita. Kandungan kalori kuning telur merupakan kalori yang baik karena menghasilkan vitamin D dan protein. Namun sebaiknya batasi konsumsi kuning telur untuk menjaga kadar kolesterol tubuh dan rajinlah minum susu rendah lemak yang diperkaya vitamin D.

Terima kasih telah membaca 6 tips ampuh menghilangkan nyeri otot sehabis berolahraga atau berkegiatan yang keras. semoga dengan artikel diatas nyeri otot anda dapat teratasi dengan cepat.

Baca juga : 7 Cara Alami Mengatasi Pegal Linu