Sabtu, 04 Januari 2014

8 Tips Menghangatkan Tubuh Di Musim Dingin

BlogDokter - Musim hujan atau musim dingin merupakan musim yang sangat rentan terhadap serangan penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang antara lain adalah flu, batu, dan juga beberapa penyakit yang cukup parah. Dari penyakit tersebut ada yang disebabkan oleh tubuh yang mudah dingin, oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menjaga kehangatan tubuh, agar tubuh anda kuat terhadap penyakit.

8 Tips Menghangatkan Tubuh Di Musim Dingin

8 Tips Menghangatkan Tubuh Di Musim Dingin - BlogDokter
Ilustrasi Mengngatkan badan menggunakan mantel

1. Makanlah lebih banyak makanan yang dapat menyehatkan darah.

Tubuh yang dingin sebagian besar disebabkan oleh cairan darah dalam tubuh juga mengalami perubahan suhu. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan darah agar suhunya terjaga tetap hangat.

2. Makanlah lebih banyak makanan yang kaya zat besi dan kalsium

Kemampuan tubuh dalam menahan dingin juga sangat bergantung pada pasokan zat besi dan kalsium. Makanan yang kaya kalsium termasuk produk susu kacang,rumput laut, kerang, tiram, sarden, dan udang. Makanan kaya zat besi termasuk darah hewan, kuning telur, hati hewan, kedelai, biji wijen dan jamur hitam.

3. Mandi air panas

Sulfur merupakan zat yang juga bisa menghangatkan tubuh. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mandi dengan menggunakan air panas saat musim dingin.

4. Jangan lupa berolahraga setengah jam setiap hari

Walaupun musim dingin dan anda tidak bisa sering beraktifitas di luar rumah, janganlah lupa untuk tetap berolahraga indoor seperti push up, sit up, atau beragam aktifitas olahraga lainnya. Hal ini bisa memicu otot untuk tetap bergerak dana mempelancar sirkulasi darah dan hal tersebut bisa membantu menghangatkan tubuh.

5. Minum lebih banyak air yang direbus

Saat musim dingin udara menjadi kering. Sehingga penting bagi anda untuk menyuplai air yang banyak bagi tubuh anda. 

6. Mengatur fungsi limpa dan lambung

Fungsi limpa dan lambung juga sangat baik bagi anda. Di musim dingin, Anda dapat memilih makanan yang akan menguatkan limpa dan perut dengan memakan labu, ubi, buah wolfberry Cina, dan ganoderma glossy.

7. Merendam kaki dengan air hangat

Jika anda tidak begitu sering mandi dengan air hangat maka cukup merendam kaki anda dengan air hangat. Hal itu juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah anda.

8. Masukkan aroma terapi jeruk ke botol kecil serta minyak peppermint dekat tempat tidur Anda

Jeruk berkarakter hangat serta baunya yang sangat kuat dapat menyingkirkan virus. Makan jeruk sebelum tidur dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak. Bau minyak peppermint memiliki efek yang menyembuhkan sakit kepala dan hidung tersumbat.

Terima kasih telah membaca 8 cara mudah meningkatkan kehangatan tubuh pada waktu musim dingin. Semoga dengan tips diatas tubuh anda tetap hangat walaupu cuaca sangat dingin.

Baca juga : 10 Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar