Senin, 31 Maret 2014

8 Makanan Sehat untuk Pembentukan Otot

Blog Dokter - Banyak orang yang menyukai jika postur tubuhnya berotot untuk terlihat lebih maskulin. Berbagai cara dilakukan hingga minum obat serta gym. Namun banyak dari mereka yang ingin membentuk tubuhnya melupakan faktor yang sangat penting yaitu makanan.

Memilih jenis makanan yang baik tentunya sangat penting bagi anda. Sebab ada beberapa makanan yang sangat membantu anda dalam membentuk otot.

8 Makanan Sehat untuk Pembentukan Otot 

pembentukan otot
Ilustrasi Pria Makan untuk pembentukan ototnya
Berikut daftar makanan yang bisa membantu pembentukan otot anda.

1.Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik karena kandungan protein di dalamnya memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kuning telur mengandung vitamin B12 yang diperlukan tubuh untuk memecah lemak dan membantu pembentukan otot. Selain itu telur juga mengandung vitamin dan mineral, kaya akan riboflavin, folat, vitamin B6, B12, zat besi, dan fosfor.

2. Kacang Almond
Kacang almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan. Selain itu vitamin E yang terdapat pada almond dapat mencegah Anda dari penyakit kulit.

3. Ikan Salmon
Salmon kaya akan protein dan asam lemak Omega 3. Protein yang terdapat pada salmon baik untuk pertumbuhan otot. Sedangkan asam lemak Omega 3 berperan mengurangi kerusakan otot setelah Anda berlatih. Selain itu, asam lemak Omega 3 yang terdapat pada salmon juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Daging
Daging sapi adalah sumber utama zat besi dan seng, dua nutrisi penting untuk membentuk otot. Selain mengandung zat besi dan seng, daging sapi juga mengandung creatine yang berfungsi meningkatkan pasokan energi saat Anda berlatih.

5. Yogurt
Kombinasi protein dan karbohidrat yang terdapat dalam yogurt, baik untuk pemulihan dan pembentukan otot Anda. Tambahkan buah-buahan segar pada yogurt untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral untuk membantu pembentukan otot Anda. Yogurt juga baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan.

6. Minyak Zaitun
Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada minyak zaitun berperan mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar tumor necrosis factor-alpha or TNF-α, yang dikaitkan dengan pembuangan otot dan kelelahan. Minyak zaitun dan lemak tak jenuh tunggal telah dikaitkan dengan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker usus besar, diabetes dan osteoporosis.

7. Kopi
Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi berguna untuk meningkatkan performa latihan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi sebelum latihan dapat meningkatkan kemampuan tubuh saat latihan sebanyak 9%. Kandungan kafein dalam kopi juga bisa digunakan untuk mencegah nyeri otot setelah latihan. Bahkan, peminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson sebesar 30% daripada yang tidak mengkonsumsi kopi.

8. Air
Otot Anda terdiri dari 80 persen air. Proses sintesis protein pada tubuh terjadi pada tingkat yang lebih tinggi dalam sel otot yang terhidrasi dengan baik, dibandingkan dengan sel dehidrasi. Minum air sebanyak 8-9 gelas per hari dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 54%.

Terima kasih telah membaca 8 makanan yang dpat membentuk otot dengan cepat. Semoga dengan jenis makanan diatas otot badan anda dapat terbentuk tanpa ada efek samping yang dapat menyakitkan anda..

Baca juga : 6 Cara Alami Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga