Sabtu, 24 Mei 2014

10 Makanan Penyubur Kandungan yang Wajib Diketahui

Blog Dokter - Keguguran merupakan hal yang paling ditakuti oleh seorang ibu hamil, ketakutan tersebut berusaha diatasi dengan berbagai cara agar kandungan tetap terjaga sampai hari kelahiran. Maka dari itu kesehatan dan kesuburan adalah hal yang paling utama. 10 Makanan Penyubur Kandungan bisa menjadi pilihan yang baik bagi ibu hamil agar janin dalam kandungan tetap terjaga subur dan sehat.

10 Makanan Penyubur Kandungan yang Wajib Diketahui

Makanan Penyubur Kandungan
Ilustrasi Wanita Memakanan Makanan penyubur kandungan


 1  Telur

Telur merupakan makanan yang mudah didapat dan dapat disajikan secara sederhana. Namun dibalik kesederhanaan tersebut, telur ternyata mampu menyuburkan kandungan jika dikonsumsi. Ibu hamil dapan menkonsumsi telur maksimal 2 butir dalam sehari. Selain memiliki protein, lemak dan omega 3 yang baik bagi kesehatan tubuh (Jika dikonsumsi dengan teratur), telur juga memiliki zat kolin. Zat kolin inilah yang diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesuburan janin. Zat kolinlah yang membantu tubuh untuk menyerap asam folat, sedangkan asam folatlah yang membuat calon bayi terjaga agar tidak lahir cacat. 

 2  Sayur dan Buah

Tidak ada yang mengingkari pentingnya memakan sayur dan buah, bahkan keduanya masuk dalam daftar menu wajib 4 sehat 5 sempurna. Ibu hamil juga perlu mengkonsumsi sayur dan buah agar asupan yang diterima bayi bisa terjaga dari kesuburan. Sama seperti telur, zat penting folat juga terdapat dalam sayur dan buah. Sayur yang membantu dalam menyuburkan kandungan antara lain Bayam, Selada dan Kale. Sedangkan buah ada Alpukat, Jeruk dan Straubery. Sayur dan buah juga banyak memiliki Vitamin yang berguna melancarkan metabolisme tubuh. Jadi bagi ibu-ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk makan sayur dan buah untuk tetap menjaga kesuburan janin dalam kandungan.


 3  Ikan Salmon 

Yang satu ini memang sulit untuk ditemukan, selain mahal, juga jarang dipasarkan. namun dari segi manfaat jelas bisa dibuktikan. Ikan salmon bisa menjadi makanan utama yang membantu pembentukan hormon. Banyak manfaat yang diberikan dari ikan salmon, antara lain mencegah bronghitis, penyakit paru-paru, menjaga kesehatan mata dan kulit, dan menjaga kesehatan tubuh. Protein yang ditawarkan oleh ikan salmon juga membantu meningkatkan IQ atau ingatan pada calon bayi. Makanan yang tepat untuk penyburan kandungan sang ibu.


 4  Tiram

Makanan yang kaya akan zat besi ini menjadi salah satu dari 10 makanan penyubur kandungan. Selain dipercaya menyuburkan kandungan, tiram juga dapat meningkatkan vitalitas pria. Jadi bagi ibu hamil silahkan untuk mencoba masakan bahan tiram demi kesuburan buah hati anda.


 5  Susu

Kebutuhan akan kalsium bagi ibu yang sedang hamil sangatlah diperlukan. Susu yang kaya akan kalsiun menjadi asupan penting bagi janin dalam kandungan. Dianjurkan untuk rutin minum susu 8 gelas perhari, ataupun olahan susu yang lain seperti keju dan yogurt. Namun susu yang baik dikonsumsi ialah susu yang memiliki kadar lemak yang tinggi.


 6  Gandum Utuh

Gandum merupakan jenis makan yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat kompleks pada gandum membuat kadar darah dan insulin menjadi stabil sehingga dapat menyuburkan kandungan. Karbohidrat sebetulnya dapat menyebabkan kegemukan namun bagi ibu yang sedang mengandung sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.


 7  Coklat

Bagi ibu hamil yang suka untuk ngemil disaat santai namun takut jika mengganggu kesuburan bayi. Tenang, karena salah satu studi di Yale University telah membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat saat mengandung tidak memberi pengaruh pada kesuburan bayi, melainkan memberi rasa senang dan bahagia bagi pengkonsumsi. Jadi tidak menimbulkan ketegangan ataupun stress yang berpengaruh bagi kandungan.


 8  Madu

Mengkonsumsi madu yang kaya akan nutrisi dapat dimasukkan sebagai makanan penyubur kandungan. Khasiat dari madu seperti sumber energi, pelancar pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, dan menyembuhkan luka dapat membantu menyuburkan kandungan.


 9  Minyak Zaitun

Heran mengapa minyak zitun juga masuk dalam 10 daftar makanan penyubur kandungan. Itu karena minyak zaitun kaya akan Lemak, Omega 3 dan Vitamin E. Ketiganya membantu meningkatkan kesuburan reproduksi wanita, terlebih bagi ibu hamil. Jadi mulaila untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur.


 10  Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Menkonsumsi kacang dan biji-bijian sangat berguna bagi kandungan, itu karena terdapat sel dan zat-zat yang baik bagi janin. Serat dan zat besi yang terdapat dalam kacang mampu mengembangkan sel darah merah pada bayi. Sehingga membuat kandungan menjadi subur dan sehat.

Itulah ke- 10 Makanan Penyubur Kandungan yang dapat dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil atau yang baru merencanakan kehamilan. Ke sepuluh makanan tersebut dikonsumsi dengan cara teratur dan dengan anjurat untuk sahabat blog dokter jika diperlukan. Karena janin dalam kandungan merupakan buah hati tercinta, maka mulailah untuk menginvestasi diri dengan mengkonsumsi 10 makanan penyubur kandungan diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar