Jumat, 16 Mei 2014

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Sembelit Secara Umum

Blog Dokter - Salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan adalah sembelit. Suatu kondisi dimana feses mengeras sehingga sulit sekali untuk dikeluarkan dari dalam tubuh lewat saluran pembuangan. Mungkin Anda setuju jika kekurangan serat adalah satu dari beberapa gejala dan penyebab penyakit sembelit itu bisa terjadi, karena itu memang benar. Pada dasarnya hal yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit sembelit adalah karena beberapa faktor, antara lain adalah karena konsumsi makanan serta faktor kebugaran tubuh, untuk lebih lengkapnya, silahkan simak pemaparannya di bawah ini:

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Sembelit Secara Umum

Penyakit Sembelit
Ilustrasi mengalami gejal penyakit sembelit
 1  Kekurangan cairan
Kurangnya cairan di dalam tubuh juga bisa menjadi gejala dan penyebab penyakit sembelit. Normalnya manusia membutuhkan air mineral sebanyak atau setara dengan 8 gelas tiap hari, namun bagaimana bila Anda hanya minum air putih kurang dari 8 gelas, sudah pasti cairan di dalam tubuh terus menerus menurun yang pada akhirnya membuat Anda mengalami penyakit sembelit berkepanjangan jika Anda tidak juga memperbaiki kesalahan tersebut. 

 2  Kurang olahraga
Jarang berolahraga akan membuat lemak di dalam tubuh mengendap sehingga secara bertahap tubuh mengalami kenaikan berat badan, olahraga adalah cara yang tepat untuk membantu tubuh mengeluarkan kotoran, dari keringat yang dikeluarkannya. Maka rutinlah untuk menguji gym seminggu satu kali atau hanya dengan berlari mengelilingi kompleks perumahan tiap akhir pekan agar tubuh tetap bugar dan bebas dari penyakit sembelit.

 3  Meminumin obat pencahar
Konsumsi obat pencahar mungkin sengaja Anda lakukan agar buang air besar bisa menjadi lancar, namun ternyata konsumsi obat pencahar dalam intensitas yang cukup tinggi justru malah membuat Anda lebih sering mengalami sembelit, gunakanlah cara yang lebih alami untuk menghaluskan feses kembali dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan berserat, seperti buah pepaya.

 4  Kekurangan kadar garam dalam tubuh
Menghilangnya kadar garam yang seharusnya berada di dalam tubuh karena disebabkan muntah atau diare. Garam merupakan suatu zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh, jadi ketika kadar garam lenyap karena kondisi tubuh menurun, terus menerus mengeluarkan makanan, baik dari mulut maupun dari alat pembuangan, tubuh pun ikut terpengaruh sehingga terjadilah sembelit.

 5  Kurang mengkonsumsi makanan berserat
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, sembelit bisa terjadi akibat dari kekurangan konsumsi makanan yang mengandung serat. Maka dari itu, Anda membutuhkan asupan serat yang cukup setiap hari sehingga feses tidak mengeras dan mudah dikeluarkan. Sayuran dan buah-buahan adalah jenis makanan yang tinggi akan kandungan seratnya, jadi pastikan untuk menyantap menu dari sayur dan mengkonsumsi buah-buahan sebagai pencuci mulutnya.

Gejala dan penyebab penyakit sembelit sangat beragam, bagi Anda yang tengah mengalami masalah pencenaan, khususnya penyakit sembelit, segera lakukan pengobatan dengan cara memperbaiki asupan makanan dan rajinlah berolahraga, intinya Anda harus berani mengubah sedikit pola hidup Anda untuk menjadi lebih sehat sehingga penyakit sembelit tidak akan menyapa Anda dengan mudahnya.