Senin, 19 Mei 2014

4 Gejala dan Penyebab Cacar air

Blog Dokter - Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan karena virus "varicella-zoster" yang pada gejala awalnya akan dimulai dengan gatal yang selanjutnya membuat kulit melepuh dan memicu munculnya bintil merah pada kulit Anda. 5 hingga 10 hari adalah intensitas waktu dimana seseorang akan terkena infeksi virus tersebut. Cacar air merupakan jenis penyakit yang hampir diderita oleh semua orang, meski pun rentang usianya tidak sama, karena penyakit ini merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menular, Anda membutuhkan tekhnik yang tepat untuk meminimalisir penularan virus varicella-zoster agar tidak menyerang anggota keluarga yang sehat. Meskipun penyakit ini termasuk pada jenis penyakit ringan, tetap saja dibutuhkan vaksin yang sesuai agar penyebaran cacar tidak sampai keseluruh tubuh. Agar Anda tidak sampai terkena cacar air, pelajari beberapa gejala dan penyebab cacar air di bawah ini:

4 Gejala dan Penyebab Cacar air

Penyebab Cacar air
Mengalami gejala penyakit cacar air

Bintil merah di kulit 
Ketika Anda menemukan bintil merah pada kulit, Anda patut waspada, karena pada kenyataannya bintil merah yang muncul di permukaan kulit merupakan gejala umum dimana seseorang tengah terkena cacar air. Bintil merah bisa terlihat di mana saja di tubuh manusia, cermati dengan baik intensitas penyebarannya. 

Demam 
Demam memang tidak hanya bisa dikaitkan dengan satu jenis penyakit saja, karena demam adalah gejala awal dimana daya tahan tubuh sedang berperang, flu, masuk angin merupakan contoh jenis penyakit yang juga diawali dengan demam terlebih dahulu. Akan tetapi jika demam yang Anda alami disertai dengan munculnya bintil kemerahan di kulit, Anda patut waspada karena bisa saja demam yang sedang Anda alami merupakan gejala dan penyebab cacar air step pertama, dimana Anda terkena penyakit cacar air.

Tidak nafsu makan/mudah lelah
Sangat normal ketika seseorang yang tengah berbaring di kasur karena sakit akan kehilangan nafsu makan dan terlihat sangat pucat dan lemas, kondisi ini disebabkan karena kekebalan tubuh menurun, tubuh yang tidak sehat akan serta merta menolak untuk mengkonsumsi makanannya karena semua makanan tersebut terasa pahit. Kurangnya asupan makanan inilah yang kemudian membuat Anda merasa cepat lelah, tampak pucat dan lemas. 

Tertular pengidap cacar sebelumnya
Ada dua kemungkinan yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit cacar air, yang pertama dengan cara alami lewat infeksi virus dan yang kedua adalah ketika Anda tidak sengaja berada dalam satu lingkungan dengan pengidap cacar air, virus varicella-zoster merupakan jenis virus yang sangat mudah menyebar, meskipun Anda tidak berada dalam satu ruangan dalam waktu yang lama dengan pengidap cacar air, tidak menutup kemungkinan jika Anda pun pada akhirnya akan terkena cacar air karena virus varicella-zoster yang menyebar di keseluruhan tempat lewat udara. Gejala dan penyebab cacar air bisa Anda rasakan sendiri, namun untuk langkah amannya, sebaiknya Anda melakukan vaksinasi.

Semoga setelah mengetahui 4 gejala dan penyebab cacar air anda dapat mengambil langkah yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Lihat jiga : Tips Ampuh Mengobati Cacar Air