Minggu, 18 Mei 2014

Gejala dan Penyebab Penyakit Rematik Secara Lebih Spesifik

Blog Dokter - Mungkin sebagaian besar orang menganggap jika rematik dan asam urat merupakan satu penyakit yang sama, namun itu tidaklah benar, karena yang benar adalah penyakit asam urat itu merupakan cabang dari penyakit rematik, namun rematik bukanlah cabang dari penyakit asam urat, sama halnya ketika Anda mengartikan demam dan malaria, seseorang yang demam belum tentu karena terserang penyakit malaria, namun seseorang yang terserang penyakit malaria sudah pasti akan mengalami demam. Mungkin anggapan ini timbul dan semakin diperkuat karena gejala nyeri yang ditimbulkan keduanya hampir sama. Agar Anda lebih memahami perbedaan antara penyakit asam urat dan penyakit rematik, silahkan simak dengan baik beberapa gejala dan penyebab penyakit rematik bisa terjadi yang akan dibahas secara sederhana di bawah ini:

Gejala dan Penyebab Penyakit Rematik Secara Lebih Spesifik

Penyakit Rematik
Ilustrasi mengalami gejala rematik
Dapat diperkirakan jika penyakit rematik disebabkan oleh 90 penyebab, diantaranya adalah penumpukan asam urat di dalam tubuh, terjadinya pengapuran pada sendi, infeksi dsb. Tidak terkecuali dengan cedera. Umumnya mereka yang mengalami cedera, entah karena kecelakaan olahraga atau kecelakaan lalu lintas. Cedera seperti terkilir bisa juga merupakan gejala awal dari penyakit rematik dan umumnya menyerang mereka yang berusia muda.

Mengalami mati rasa serta kesemutan merupakan salah satu dari gejala dan penyebab penyakit rematik arthritis yang mana lebih dikenal sebagai carpal tunnel syndrome, yang kemudian ditandai dengan terjadinya kesemutan pada pergelangan kaki atau pergelangan tangan. Rasa nyeri yang ditimbulkan pun akan semakin meningkat intensitasnya menjelang malam hari. Untuk mengatasi kondisi ini, kompreslah tangan dan kaki yang sedang mengalami kesemutan. 

Timbulnya masalah pada kaki. Faktanya kaki bagian depan seringkali mengalami peradangan ketika penyakit rematik menyerang. Apalagi jika Anda gemar mengenakan high heels ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Gejala lainnya adalah rasa nyeri pada tumit yang timbul karena jaringan pada daerah bawah kaki yang jaraknya cukup dekat dengan tumit mengalami pembengkakan. 

Merasakan kaku sewaktu di pagi hari merupakan indikasi lain dari penyakit rematik arthritis. Kaku yang Anda alami bisa terjadi lebih lama dari kaku yang biasa dialami karena osteoarthritis. 

Gejala dan penyebab penyakit rematik selanjutnya adalah sendi terkunci. Seseorang yang memiki riwayat penyakit rematik tentunya sudah cukup sering mengalami masalah sendi terkunci. Hal ini disebabkan ketika banyaknya pembengkakan yang terjadi pada tendon yang terletak di sekitar sendi yang mengakibatkan sendi tidak dapat menekuk dengan mudahnya. Melihat dan membaca ulasan sederhana ini, apa Anda sudah bisa menyimpulkan apa saja gejala serta penyebab munculnya penyakit rematik, setelah memahami dengan baik, segera lakukan pengobatan yang tepat dengan pergi ke dokter, jangan menjadikan usia sebagai alasan untuk tidak memeriksakan diri karena jika sendi Anda sudah mengalami kerusakan serta Anda sudah pernah mengalami asam urat sebelumnya, hampir 100% bisa jadi Anda memang mengalami penyakit rematik.

Lihat Juga : 10 Cara Aman Mengatasi Asam Urat