Rabu, 28 Mei 2014

3 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

Blog Dokter - Mungkin sudah banyak yang menyadari, jika makanan merupakan salah satu penyebab dari dalam munculnya jerawat. Tapi sekadar tahu saja tidaklah cukup, baiknya Anda juga mengenal lebih dalam, apa saja makanan penyebab munculnya jerawat? sehingga Anda bisa meminimalisir munculnya jerawat akibat dari konsumsi makanan yang tidak tepat dan tidak dianjurkan. Lalu, apa sajakah makanan yang dipercai mampu memicu munculnya jerawat?

3 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

Penyebab Munculnya Jerawat
Ilustrasi Wanita Mengalami Jerawat di Wajah
Berikut 3 makanan yang menyebabkan munjulnya jerawat

 1  Gula
Banyak sekali olahan makanan yang memakai tambahan gula sebagai penyedap atau perasa, baik itu olahan sendiri maupun makanan kemasan, seperti permen, sereal, biskuit cokelat, minuman bersoda dsb. Makanan manis tidak akan bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika Anda hobi menyantap makanan manis. Namun, kabarnya makanan manis yang banyak mengandung gula bisa menjadi pemicu munculnya jerawat, hal ini sudah dibuktikan lewat penelitian profesor UCLA School of Medicine yang menyimpulkan bahwa konsumsi gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam darah, yang ternyata dapat memancing produksi hormon androgen sehingga kulit menjadi berminyak. Kulit berminyak inilah yang nantinya akan memicu timbulnya jerawat di wajah.

 2  Kafein
Tidak banyak yang tahu jika kafein bukan hanya terdapat di dalam kopi saja. Namun sebenarnya, cokelat, teh, dan soda merupakan jenis makanan yang juga memilki kandungan kafein di dalamnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, ternyata bisa memicu tumbuhnya jerawat. Konsumsi kafein akan mengalami peningkatan ketika Anda tengah mengalami stres, stres dinilai dapat memicu kelenjar adrenalin, yang mana juga akan memicu kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat sehingga pori-pori Anda tersumbat dan tumbuhlah jerawat di wajah. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berkafein ketika Anda sedang mengalami stres, upayakan juga agar Anda tidak mengalami depresi yang nantinya berujung pada stres. 

 3  Makanan pedas
Ketika Anda menyantap makanan yang pedas, apa Anda pernah memikirkan jika makanan tersebut akan ikut berkontribusi buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda?. Jawabannya mungkin lebih banyak tidak, karena faktanya tidak banyak yang tahu jika makanan pedas bisa menjadi makanan penyebab munculnya jerawat. Ketika mengkonsumsi makanan pedas, produksi keringat akan mengalami peningkatan yang cukup tajam, keringat inilah yang membuat kuman dan bakteri penyebab jerawat lebih mudah menyerang kulit wajah Anda, apalagi jika Anda suka memakai bedak untuk menghilangkan minyak dan kulit berkeringat, kuman dan bakteri akan tertutup oleh bedak yang kemudian menyebabkan munculnya jerawat berwarna kemerahan. 

Ketiga makanan penyebab munculnya jerawat tersebut berada di sekitar Anda, diperlukan kesadaran dan tekad yang kuat bagi sahabat blog dokter agar tidak tergoda untuk mengkonsumsinya sehingga setidaknya Anda bisa mengurangi satu dari begitu banyak hal yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah yang tentunya akan mengurangi kepercayaan diri Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar