Jumat, 30 Mei 2014

4 Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Patut Diwaspadai

Blog Dokter - Osteoporosis merupakan jenis penyakit tak kasat mata, karena pada umumnya seseorang tidak akan merasakan sakitnya selain kepadatan tulang yang terus menerus mengalami penurunan dan kualitas tulang pun menjadi memburuk hingga tidak menutup kemungkinan akan mudah rapuh bahkan patah tulang jika sudah sangat parah. Penyakit tulang ini disebabkan karena kekurangan kalsium. 

4 Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Patut Diwaspadai

Penyebab Osteoporosis
Ilustrasi mengalami gejala penyakit Penyebab osteoporosis
Namun selain itu, pola hidup yang tidak sehat pun bisa menambah frekuensi kecepatan seseorang terserang penyakit osteoporosis, seperti merokok, jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan cepat saji setiap hari dan minuman beralkohol. Untuk lebih detailnya mengenai apa saja gejala dan penyebab osteoporosis, silahkan simak ulasan di bawah ini:

1. Jarang berolahraga
Kebiasaan buruk yang saat ini sudah menjadi kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat Indonesia, yang mana lebih suka menghabiskan waktu untuk menyantap makanan cepat saji, nonton bioskop atau jalan di mall, sama sekali tidak peduli dengan kondisi tubuhnya yang juga butuh olahraga. Olahraga adalah media atau alat yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, jarang berolahraga akan membuat tubuh mudah sakit, termasuk sakit punggung dan sakit pinggang yang dinilai sebagia gejala umum seseorang mulai mengalami osteoporosis.

2. Perubahan pada postur kaki
Gejala dan penyebab osteoporosis lainnya bisa Anda rasakan bilamana postur kaki Anda mengalami perubahan. Ketika postur kaki Anda tampak mulai bengkok hingga bentuknya terlihat seperti huruf konsonan"O" maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami gejala osteoporosis, oleh karena itu cermati dengan baik perubahannya sehingga Anda tidak terlambat untuk mengatasi penyakit pada tulang ini.

3. Merokok
Kegiatan atau hobi merokok sebenarnya bukanlah hal yang bermanfaat, karena lebih banyak mendatangkan penyakit dibandingakan dengan manfaatnya. Kandungan zat adiktifnya tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika Anda termasuk susah untuk berolahraga. Merokok dinilai bisa memperpendek umur seseorang kontras sekali dengan gejala osteoporosis yang bisa dilihat ketika seseorang kehilangan tinggi badannya karena kualitas tulang yang terus menerus menurun drastis dari masa ke masa.

4. Kurang asupan makanan berkalsium
Gejala dan penyebab osteoporosis yang paling utama adalah kekurangan konsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kandungan kalsium. Disadari atau tidak, sengaja atau tidak sengaja, faktanya tidak semua orang mengetahui apa saja jenis makanan atau minuman yang kaya kalsium, mereka hanya mengkonsumsi makanan yang terhidang di depannya atau mengkonsumsi makanan yang mereka inginkan, hal itu lumrah terjadi, namun alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada semua makanan yang hendak dan akan Anda konsumsi. Makanan dan minuman kaya kalsium, seperti ikan salmon, keju, yoghurt, sayuran hijau, segala makanan dan minuman olahan sehat dari kacang kedelai, buah-buahan, lobak, biji wijen, oatmeal, kacang almond, susu dsb.

Terima kasih telah membaca 4 Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Patut Diwaspadai. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat mengetahui lebih awal penyakit Osteoporosis dan dapat mengambil langkah yang baik untuk kesehatan anda.