Minggu, 11 Mei 2014

6 Keunikan Dibalik Penyebab Sakit Kepala

Blog Dokter - Sakit kepala tergolong kepada penyakit umum yang bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja tidak terikat waktu. Ketika rasa sakit mulai menyerang, Anda akan merasakan suatu perasaan tidak nyaman, bahkan rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat Anda kesulitan untuk fokus mengerjakan semua pekerjaan Anda. Lalu, apa Anda mengenal dengan baik semua penyebab sakit kepala? Mulai dari penyebab umum hingga penyebab yang sama sekali tidak pernah terlintas di otak Anda.

6 Keunikan Dibalik Penyebab Sakit Kepala

Penyebab Sakit Kepala
Ilustrasi mengalami sakit kepala 

Hard work
Bekerja terlalu bersemangat memanglah baik, karena itu menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab dengan beban pekerjaan yang sudah menjadi tugas Anda untuk diselesaikan. Namun, bekerja terlalu keras hingga tanpa henti mengambil lembur ternyata bisa membuat tekanan di saraf kepala meningkat tajam, yang mana tekanan tersebut akan mengakibatkan neurotransmitter melakukan pekerjaan lebih keras lagi dengan mengirimkan impuls secara langsung ke pembuluh darah yang selanjutnya akan mengalami pembesaran sehingga menyebabkan sakit kepala.

Menstruasi
Hormon estrogen akan mengalami penurunan setiap kali wanita tengah berada dalam siklus datang bulannya, hal ini dinilai bisa membuat pembuluh darah membesar sehingga menyebabkan otot Anda berada dalam kondisi kejang, inilah alasan dibalik mengapa 50-75% wanita subur mudah sekali merasa pusing setiap datang bulan.

Ponsel
Mungkin sudah banyak yang mendengar, entah dari berita televisi atau media cetak, jika ponsel bisa memancarkan radiasi. Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama bisa memicu munculnya panas yang pada akhirnya dapat menggangu saraf kepala, maka dari itu tidak aneh jika Anda yang gemar memainkan ponsel memilki kebiasaan sakit kepala, karena radiasi ponsel merupakan satu diantara begitu banyak penyebab sakit kepala.

Dehidrasi
Konsumsi air putih dengan baik karena itu mempengaruhi pasokan oksigen yang masuk ke dalam darah, tidak terkecuali dengan darah yang mengalir ke otak Anda. Maka dari itu, amat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi air putih 2 liter tiap hari, agar Anda tidak mengalami dehidrasi dan berujung pada sakit kepala.

Stres
Terlalu banyak memikirkan sesuatu bisa membuat kondisi tubuh terganggu, terutama otot-otot otak yang menjadi lebih banyak bekerja karena terlalu besar dan mendalam memikirkan sesuatu hingga menjadi tertekan, mengalami stres dan berujung pada sakit kepala.

Bertengkar atau berdebat
Ketika sedang bertengkar atau berdebat tidak sedikit orang yang bisa mengontrol dirinya dengan baik sehingga pertengkaran tersebut pada akhirnya hanya akan disertai dengan kemarahan, kemarahan sendiri bisa menyebabkan otot-otot menegang, terutama pada daerah belakang kepala serta leher. Ketegangan yang terjadi, umumnya bisa membuat napas terganggu, menjadi lebih pendek, tentunya oksigen yang diterima pun sedikit. Kekurangan oksigen yang menjadi penyebab sakit kepala karena pembuluh darah mengalami penyempitan.

Terima kasih telah membaca 6 fakta unik dibalik penyebab sakit kepala. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat terhindar dari sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar