Jumat, 18 Juli 2014

10 Sayuran Kaya Serat yang Baik Buat Sahur

Blog Dokter - Di bulan puasa ini anda sebaiknya tetap menjaga asupan nutrisi dan vitamin melalui sayur dan buah. Oleh sebab itu saat sahur dan berbuka sebaiknya anda cerdas memilih menu sayuran utamnya saat bersahur sebab saat sahur lah anda sebaiknya mengumpulkan berbagai nutrisi dan kandungan bahan makanan lainnya yang bisa membantu anda menghadapi puasa.

10 Sayuran Kaya Serat yang Baik Buat Sahur

sayuran kaya serat
Ilustrasi Sayuran yang kaya serat

Di bawah ini merupakan beberapa jenis sayuran kaya serat yang akan sangat baik bagi anda untuk disajikan saat sahur.

 1  Mentimun 

Vitamin C dan vitamin B sangat banyak terkandung dalam mentimun. Hal itu bisa mencukupi asupan vitamin anda, selain itu mentimun juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda dan bisa menghaluskan kulit yang kasar.

 2  Kubis 

Kubis memiliki kandungan vitamin K yang sangat banyak. Ada beberapa jenis kubis dan juga kandungannya, diantaranya kubis merah yang memiliki kandungan anti radang. Kubis ungu atau merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada kubis hijau.

 3  Tomat 

Tomat merupakan sayur yang sangat mudah didapatkan. Tomat mengandung likopena yang sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena stroke dan kanker. Tomat juga bisa mencegah konstipasi dan membuat fungsi hati tetap optimal. Selain itu tubuh bisa terhidrasi dengan baik dengan tomat yang ana konsumsi, sehingga hal ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan anda saat berpuasa.

 4  Wortel 

Selain kaya akan vitamin A, wortel juga mengandung banyak mineral dan air yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu dengan warna nya yang jingga maka akan sangat baik dalam memenuhi beta karoten dalam tubuh anda. Selain menyehatkan akan menjadi hidangan yang enak jika mmbuat sop wortel. Jadi wortel ini sayuran yang kaya serat yang baik untuk menu sahur anda.

 5  Daun Selada 

Sayur yang satu ini merupakan salah satu sayur yang kaya akan lemak . Selain itu ia juga mengandung banyak air yang akan membantu tubuh anda untuk tetap terhidrasi sepanjang hari saat berpuasa. Oleh sebab itu baik untuk mengonsumsinya saat sahur.

 6  Brokoli 

Brokoli mengandung vitamin D. Selain itu kandungan brokoli yang sangat baik adalah zat anti kankernya yang memberikan tubuh anda kekebalan dan juga menangkal segala partikel bebas yang disebabkan oleh lilngkungan. Karena saat berpuasa akan sangat sulit sering mengonsumsi makanan maka akan baik jika mengonsumsi hal yang bermanfaat saat sahur. Jadi sayuran ini sangat baik untuk jadi santapan sahur.

 7  Paprika Merah 

Salah satu sayur yang kaya akan zat gizi adalah paprika merah. Diantranya adalah likopena, asam folat, vitamin C, vitamin B6, dan tiamina. Paprika juga sangat baik dan berguna dalam memberikan sel baru pada organ anda. 

 8  Timun Jepang 

Walaupun jarang didengar salah satu sayuran ini yaitu timun Jepang adalah sayuran yang mengandung banyak air sekaligus mengandung kalium dan asam folat yang bisa memperbaiki DNA. Mengonsumsi timun Jepang juga bisa membantu fungsi-fungsi syaraf tubuh Anda berjalan dengan baik.

 9  Seledri 

Seledri merupakan sayuran yang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan eletrolit. Selain itu ia juga mengandung banyak garam mineral, vitamin, dan asam amino. Seledri juga merupakan sayuran yang cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga berat dan meremajakan kulit serta tubuh.

 10  Lobak

Lobak mengandung banyak sekali air. Selain itu zat antioksidan dan juga anti radang terkandung didalamnya sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Lobak juga sanat baik untuk menjaga anda tetap terhidrasi utananya untuk anda yang sedang berpuasa di bulan ramadhan.

Seperti itulah pembahasan tentang 10 sayuran sehat yang baik untuk santap sahur. Semoga sahabat blog dokter bisa mengambil jenis sayuran yang baik untuk sahur dalam artikel diatas.

Lihat Juga Artkel Makanan Sehat Lainnya : 
8 Makanan untuk Tulang Kuat dan Sehat
12 Makanan yang Memiliki Kandungan Protein Terbaik
7 Makanan Sehat Mencegah Munculnya Jerawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar