Senin, 14 Juli 2014

5 Tips Sehat Berolahraga Selama Bulan Ramadhan

Blog Dokter - Berolahraga tentunya merupakan hal yang bisa membuat kita tetap sehat dan bugar. Namun bagaimanakah caranya berolahraga saat berpuasa, apakah hal itu tidak membuat kita suoit untuk menahan puasa? Sebab saat berpuasa anda tentunya akan mudah haus jika anda berolahraga.

Namun di lain sisi anda tentunya juga harus tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan anda. Oleh karena itu artikel di bawah ini menyajikan berbagai tips agar anda yang senang berolahraga tetap bisa menjalaninya meski saat berpuasa. Selamat mencoba.

5 Tips Sehat Berolahraga Selama Bulan Ramadhan

Olahraga Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi Wanita Berolahraga di Bulan Ramadhan
Berikut 5 tips sehat berolahraga selama bulan ramadhan.

 1  Sesuaikan jenis olahraga

Di bulan ramadhan tentunya anda akan mudah lelah. Oleh karena itu saat berpuasa anda juga harus menyesuaikan jenis olahraga yang anda jalani. Janganlah berolahraga berat, seperti sepak bola, yang harus menyuruh anda berlari keliling lapangan dan menambah keluarganya energy saat berpuasa. Cukup berolahraga ringan saja, seperti strectching, senam lantai, atau untuk permainan anda bisa bermain sepak takraw. Menyesuaikan jenis olahraga menjadi salah satu tips sehat berolahraga selama bulan ramadhan.

 2  Mengonsumsi protein yang banyak

Saat berpuasa dan ingin berolahraga, sebaiknya anda mengonsumsi protein yang banyak. Sebab protein merupakan kandungan makanan yang sangat lambat diserap, sehingga bisa bertahan lama pada tubuh anda. Jika anda mengonsumsinya dengan teratur saat berbuka dan sahur maka anda tidak akan mudah lelah saat berolahraga.

 3  Konsumsi karbohidrat saat sahur

Saat berpuasa waktu bersahur merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Anda sebaiknya mengetahui jenis makanan yang anda konsumsi saat sahur, dan juga kandungan yang ada di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi banyak karbohidrat sebagai sumber energy yang baik saat berpuasa.

 4  Perhatikan waktu olahraga

Selain jenis olahraga yang penting anda perhatikan , penting pula memperhatikan jadwal saat anda berolahraga. Janganlah berolahraga di siang hari saat jadwal sahur dan berbuka telah jauh. Pilihlah saat setelah berbuka atau saat setelah sahur. Hal itu akan sangat baik bagi anda jika ingin berolahraga di waktu tersebut.

 5  Penuhi cairan tubuh

Janganlah lupa untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi maka anda harus menjaga mengonsumsi air mineral yang banyak saat sahur dan berbuka. Hal itu bisa membantu anda tetap fit jika berolahraga saat berpuasa. Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi anda.

Nah, Seprti itulah 5 cara sehat berolahraga  selama bulan suci ramadhan. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter tetap sehat dan fit selama menjalani ibadah puasa.