Sabtu, 19 Juli 2014

8 Cara Pertolongan Pertama Untuk Orang Pingsan

Blog Dokter - Langkah - langkah  yang baikuntuk pertolongan pertama bagi orang pingsang. Saat anda kelelahan tentunya banyak efek yang bisa ditimbulkan. Terkadang pusing dan juga bisa sampai kehilangan kesadaran atau pingsan. Hal ini bisa juga terjadi pada orang disekitar anda. Utamanya bagi anda yang bekerja di luar atau memiliki tugas berat dalam pekerjaan.

Dalam emnghadapi hal ini anda sebaiknya memiliki kemampuan mengetahui ahal apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi orang yang sedang pingsan agar anda tidak panik. 

8 Cara Pertolongan Pertama Untuk Orang Pingsan

orang pingsang
Ilustrasi Wanita Sedang Pingsan
Berikut merupakan cara agar anda bisa memberikan pertolongan pertama bagi orang yang pingsan.

 1  Percikan air dan bau bawang tak manjur

Sangat umum bagi orang yang ingin menyadarkan orang pingsan dengan memberikannya percikan air dan juga memberikan bau-bauan yang menyegat seperti bawang. Harus anda ketahhui bahwa cara ini kurang efektif sehingga anda bisa menghindari untuk melakukannya pada orang yang pingsan.

 2  Topang tubuh mereka

Orang yang pingsan sesungguhnya belum secara total mengalami kehilangan kesadaran. Kesadarannya masih beraa pada batas yang normal. Oleh karena itu jika seseorang jatuh pingsan segeralah untuk menopang tubuh mereka agar memberikan kelancaran pada sirkulasi darah.

 3  Survei area pingsan

Jika anda menemukan orang yang pingsan hal pertama yang penting adalah memeriksa berbagai hal yang ada disekitar orang pingsan tersebut. Sebab orang pingsan juga biasanya di sebabkan oleh makanan yang beracun dan juga hal yang lainnya. Sehingga dengan memeriksanya anda tahu harus berbuat apa selanjutnya.

 4  Cek respon korban

Setidaknya anda segera memeriksa respon korban pingsan. Dengan memeriksanya anda bisa menakar tingkat kesadaran mereka. Jika tidak ada respon yang diberikan sebaiknya anda membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

 5  Telepon bantuan dan lakukan CPR

Jika dalam jangka waktu lama orang yang pingsan tidak sadar maka anda sebaiknya menghubungi rumah sakit dan sementara itu melakuka CPR. Sebab jika seseorang pingsan dalam jangka waktu yang lama pernafasan nya akan melemah dan akan berbahaya bagi korban.

 6  Jangan gerakkan korban

Jangan gegabah untuk terus menggerakkan korban. Sebab bisa saja ada cedera lain yang terjadi saat ia jatuh pingsan. Hal itu akan berbahaya bagi korban dan bisa menimbulkan cedera yang lebih serius.

 7  Jangan bergerombol

Sudah menjadi hal umum dan kebiasaan orang Indonesia untuk bergerombol saat ada orang yang pingsan. Hindarilah untuk melakukan itu, sebab korban pingsan membutuhkan udara segar. Dan dengan bergerombol maka akan menjadi sulit bagi korban mendapatkan udara.

 8  Minuman manis

Jika korban telah sadar maka akan baik baginya untuk memberikan minuman manis. Hal itu bisa mengembalikan energy bagi orang yang pingsan dan membantu menstabilkan kondisinya.

Nah, walaupun sederhana sangat penting bagi anda untuk berhati-hati dalam menangani orang yang pingsan. Semoga dengan 8 langkah atau tips pertolongan pertama bagi orang pingsang sahabat blog dokter dapat membantu teman, keluarga dan lain lainnya jika sedang pingsang.

Jangan Lewatkan Artikel Kesehatan Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar