Senin, 21 Juli 2014

6 Cara Mengatasi Kram Pada Otot

Blog Dokter - Banyak sekali penyakit yang sederhana yang kita remahkan. Salah satu diantaranya adalah kram otot yang bisanya memberikan rasa sakit sepersekian detik bahkan bisa berkanjut dalam jangka waktu lama. Banyak penyebab mengapa seseorang bisa terserang kram otot, dan yang paling umum adalah jika adanya kontraksi otot yang terus menerus.

Sebelum mengatasi kram pada otot anda, maka sangat penting mengetahui apa sebenarnya penyebabnya agar mengatasi nya juga bisa lebih tepat.

6 Cara Mengatasi Kram Pada Otot

kram otot
Ilustrasi Mengalami Nyeri Otot

 1  Idiopatik 

Idiopatik merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam medis jika penyebab suatu penyakit tidak diketahui jelas sebabnya. Salah satu penyebab umum dari kram otot adalah idiopatik sehingga terkadang terjadinya sangat tiba-tiba.

 2  Gejala Penyakit 

Salah satu juga yang merupakan penyebab dari kram otot ialah jika anda mengalami gejala suatu penyakit tertentu. Selain itu bisa juga merupakan efek samping dari beberapa obat penyakit seperti kardiovaskuler (diuretik, nifedifine), obat saluran cerna (cimetidine), modifikasi lemak tubuh (statun, fibrat), obat saluran napas (salbutamol, terbutalin), dan lain-lain.

 3   Dehidrasi/kekurangan cairan tubuh 

Dehidrasi juga merupakan penyebab dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal itu juga terjadi karena ketidakseimbangan kandungan kadar kalsium, kalium, atau natrium yang terlalu rendah.

 4  Kehamilan, terutama pada trimester terakhir (minggu ke 28-40) 

 5  Kelenjar tiroid yang kurang aktif 

 6  Penyempitan pembuluh darah kaki yang menghambat sikulasi darah 

 7  Gangguan saraf, bisa diakibatkan oleh kekurangan vitamin B complex 

 8  Gangguan hati, seperti sirosis hati 

Setelah mengetahui penyebabnya maka beberapa cara ini bisa memberikan anda solusi untuk mengatasi kram otot.

    6 Cara Mudah Mengatasi Kram Pada Otot    

nyeri pada otot
Ilustrasi Mengalami kram Pada Otot
 1  Melakukan peregangan 

Melakuakn peregangan utamanya sebelum tidur untuk memberikan manfaat pada otot anda agar tetap rileks jika ia terus-menerus kontraksi

 2  Tetap terhidrasi 

Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup dan jaga agar tubuh anda tetap terhidrasi. Minumlah air detidaknya 8 gelas per hari dan jika memungkinkan bisa lebih dari itu. Oleh karena itu janganlah malas meminum air mineral Karena air mineral menjadi salah satu cara yang baik untuk mengatasi kram pada otot.

 3  Mengkonsumsi buah dan sayuran 

Konsumsilah buah dalam jumlah yang cukup. Sayuran juga sangatlah penting bagi tubuh anda utamanya otot anda yang juga bisa memberikan asupan gizi yang baik bagi tubuh.

 4  Tidur dengan posisi yang baik 

Tidur dengan posisi yang baik akan sangat baik bagi otot. Tentunya otot anda bisa sangat rileks apalagi saat tidur merupakan waktu yang tepat meregangkan otot anda.

 5  Membiasakan diri melakukan peregangan 

Jika anda sibuk maka janganlah lupa untuk bisa meluangkan waktu meregangkan otot anda.

 6  Mempertahankan arah berlawanan saat kram 

Jika anda secara tiba-tiba kram, aka akan baik jika anda mempertahankan posisi otot anda dengan arah yang berlawanan dari kontraksi dank ram otot anda.

Seperti itulah 6 cara alami mengatasi kram pada otot. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat segera mengambil langkah yang baik untuk mengatasi kram atau nyeri pada otot.

Jangan Lewatkan Tips Fitness ini : 
8 Makanan Sehat untuk Pembentukan Otot
6 Cara Alami Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga
7 Cara Alami Mengatasi Pegal Linu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar