Minggu, 15 Desember 2013

10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

BlogDokter - Di musim yang kini berganti musim penghujan, tentunya daya tahan tubuh seseorang akn menurun. Banyak sekali dari masyarakat akan mengeluh sakit saat musim penghujan datang, seperti flu, batuk, masuk angin, sakit kepala, dan perut kembung. Hal tersebut jangan anda hiraukan , perlu bagi anda untuk segera mengatasinya.

Oleh karena itu untuk mengahadapi musim penghujan yang kini akan mengancam kesehatan, maka anda sebaiknya mengikuti tips menjaga kesehatan di musim hujan di bawah ini.

10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Ilustrasi Menjaga Kesehatan pada Waktu Musim Hujan
Berikut 10 tips sederhana untuk menjaga daya tubuh saat musim hujan.

1. Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan

Pertama sediakan alat yang dapat melindungi anda dari hujan. Jika anda sedang berjalan kaki gunakan jaket untuk menghindari masuk angin dan gunakan payung untuk terhindar dari hujan. Jika anda mengendarai sepeda motor anda sebaiknya memakai jas hujan dan selalu mengunakan jaket yang tebal. Air hujan tidak selamanya bersih karena dapat mengandung partikel-partikel polusi. jadi segera mandi dan keramas jika anda sudah terkena hujan.

2. Cukup istirahat dan berolahraga
Hujan gerimis dan deras, pagi samapi malam sangat mengganggu rutinitas anda. Tapi tidak perlu kwatir anda dapat melakukan latihan ringan dirumah anda. Seperti Push  Up, Sit-Up atau rengangkan otok-otok anda.

3. Menjaga kebersiahn Tangan dan Gigi

Segera mencuci tangan jika anda sudah sampai kerumah karena supaya bakteri atau kuman ditangan anda segera hilang dan biasakan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah memasuki toilet.  Biasakan Andamenggosok gigi sebelum tidur.

4. Menjaga cairan tubuh
Pada waktu musim hujan kelembapan menjadi meningkat jadi jika anda sedang berkeringat usahan keringat anda tidak menguap dengan cepat.

Jadi anda mesti membawa sebotol air setiap hari saat melakukan aktivitas. Hindari minuman yang berkarbonasi. Dan usahakan anda dapat meminum jahe dan kopi.

5. Minum Air

Dimusim hujan atau dingin biasanya rasa haus berkuran dan kebanyakan orang malas minum air. Kebiasaan yang seperti ini dapat dapat mengalami dehidrasi dengan cepat. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan Anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter setiap hari. Bisa juga ari diganti minuman hangat.

6. Sediakan Minuman Hangat

Rasa dingin yang dialami dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi segera membuat minuman yang dapat mengahangatkan tubuh. Seperti teh, atau lemon dan madu, atau jahe hangat, apapun minuman hangat yang Anda suka.

Makanan yang berkuah dapat juga menghangatkan tubuh anda seperti, Coto, Sop, Bakso dan indomi campur dengan lombok.

7. Jaga asupan makanan sehat

Tetap kontrol makanan anda, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

8. Konsumsi makanan secara seimbang

Karena proses pencernaan saat musim dingin melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Disarankan juga agar Anda rajin makan sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi.

Agar lebih menyehatkan tubuh, pilih juga makanan yang bersih dan segar.

9. Jauhi sumber penyakit
Musim hujan membuat air menggenang dimana-mana, nyamuk jadi mudah berkembang biak, apalagi nyamuk demam berdarah. Hindarilah genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk menghindari penyakit kulit, jaga pakaian agar tetap kering dan bersih sepanjang waktu.

10. Hindari Begadang

Tidur yang teratur dapat menjaga ketahanan daya tubuh anda. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari karena waktu tidur dimalam hari tidak dapat digantikan di siang hari

Terima kasih telah membaca 10 cara terhindar dari penyakit saat musim hujan. Semoga dengan tips diatas kesehatan anda tetap terjaga pada waktu musim hujan.

Baca juga : 10 Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar