Rabu, 18 Desember 2013

10 Tips Tidur Nyenyak Untuk Wanita Hamil

BlogDokter - Ibu yang sedang hamil, tentunya kini sedang mempunyai tanggung jawab untuk menjaga janin dalam perutnya. Oleh karena itu apapun yang dimakan dan dilakukan oleh ibu hamil pastinya akan berpengaruh pada janin yang ada dalam kandungannya.

Pola tidur bagi ibu hamil juga perlu diperhatikan. Tidak mudah mengatur pola tidur ibu hamil, sebab saat hamil tentunya banyak gangguan kesehatan yang cepat melanda serta mengganggu kenyamanan.  Oleh karena itu sebaiknya ada mengikuti tips tidur nyenyak untuk wanita hamil di bawah ini.

10 Tips Tidur Nyenyak Untuk Wanita Hamil

Ilustrasi Wanita Hamil Tidur dengan Nyenyak
Berikut 10 cara tidur lebih nyenyak saat hamil

1. Atasi Stres

Stres dan depresi meningkat saat anda hamil. Hal ini biasanya mengganggu tidur anda. Sangat dianjurkan ibu hamil melakukan yoga, meditasi dan melakukan kegiatan yang anda senangi  untuk menghilangkan dan mencegah stres berlebihan.

2. Bantal tambahan

Para ibu hamil sangat membutuhkan bantal yang tebal dan empuk untuk menopang punggung dan perutnya. Karena bantal disekitar kaki dan betis dapat membantu menahan punggung agar bisa tidur dengan nyeyak dan nyaman.

3. Kurangi tidur siang

Tidur disiang hari adalah hal yang wajar. Tapi tidur siang yang berlebihan dapat membuat wanita hamil kesulitan tidur dimalam hari. Jika ingin tidur malam anda cepat dan nyenyak sebaiknya kurangi tidur disiang hari.

4. Perhatikan Makanan Anda

Makanan yang kurang bergisi dapat memberi efek pada tidur yang nyenyak. Jadi disarankan untuk ibuh hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan makan yang berprotein untuk mencegah sakit kepala.

5. Kurangi Meminum Air Dimalam Hari

Minum air tentunya sangat baik untuk kesehatan dan cairan tubuh anda. Tapi pada waktu anda hamil dianjurkan meminum air saat pagi dan siang hari. Saat sore dan malam kurangi meminum air karena pada waktu meminum banyak air malam hari kandung kemih anda akan penuh. Tentunya tidur anda akan terganggu jika ingin pipis.

6. Memakai Kantung Air Hangat

Kantung air hangat dapat membuat perasaan anda tenang dan dapat mengobati bagian tubuh yang kram dan ngilu. Namun pastikan suhu air tidak terlalu tinggi. Ibu hamil biasanya juga mengalami kram saat tidur. Jika kram pada perut dan bagian yang lain anda sudah hilang maka lepaskan kantung air hangat jangan sampe tertempel saat anda tertidur.

7. Jadwalkan Waktu Tidur

Memiliki jadwal tidur yang teratur dapat menyehatkan tubuh. Jadi usahakn anda membuat daftar waktu tidur dan konsisten untuk menerapkannya.

8. Hindari Junk Food

Jika ingin tidur lebih nyenyak maka hindari makanan - makanan yang cepat saji atau junk food. Selain itu kurangi memakan gorengan, asam, pedas di siang dan sore hari. Sebaiknya konsumsi buah - buahan dan buiskuit untuk jemilan anda.

9. Hindari Debu dan Asap 

Debu dan asap dapat menggagu pernafasan anda. Hindari tempat yang yang berdebu atau gunakan masker ketika keluar dan ketka ada seseorang yang merokok didekat anda. Karena debu dan asap dapat mempengaruhuhi kesehatan dan menggangu tidur nyenyak anda,

10. Mandi air hangat

Air hangat dapat membuat otot tenang dan meringankan kram. Jadi disarankan ibu hamil mandi air hangat sebelum tidur supaya tidur lebih nyenyak.

Terima kasih telah membaca 10 cara sehat mendapatkan tidur nyenyak selama hamil. Semoga dengan tips diatas tidur anda nyenyak dan menyehatkan kandungan anda.

Baca juga : 10 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat