Rabu, 25 Desember 2013

10 Tips Sederhana Tingkatkan Kesuburan

BlogDokter - Memiliki organ reperoduksi yang baik serta subur merupakan modal untuk semua orang. Sebab memperoleh keturunan bagi pasangan suami istri merupakan hal yang menjadi umum. Namun beberapa pasangan kurang berhasil untuk cepat memperoleh keturunan, biasanya dipengaruhi oleh beberapa sebab, salah satunya karena organ reproduksi yang tidak subur.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui tips agar dapat meningkatkan kesuburan, dan anda juga bisa mengaplikasikannya agar bisa membantu anda memperoleh keturunan dengan cepat.

10 Tips Sederhana Tingkatkan Kesuburan

Tips Sederhana Tingkatkan Kesuburan
Ilustrasi Wanita Makan Buah untuk Kesuburannya
Berikut Cara Efektif Mendapatkan kesuburan pada wanita.

1. Kontrol berat badan

Berat badan akan berpengaru pada organ reproduksi anda. Body fat memproduksi estrogen yang bisa membingungkan jadwal ovulasi tubuh. Wanita yang memiliki berat badan berlebih mempunyai jadwal menstruasi yang tidak teratur. Mengurangi sedikitnya 5% dari total body fat dapat menaikkan kesuburan mama. Di sisi lainnya, wanita underweight bisa mempengaruhi tubuh dalam memproduksi sel telur.

2. Stop merokok

Merokok merupakan hal buruk baik bagi perempuan maupun laki-laki. Bagi perempuan akan merusak sel telur dan bagi laki-laki akan merusak sel sprema anda.

3. Batasi kafein

Mengonsumsi kafein akan snangat berbahaya bagi kesuburan. Batasi konsumsi kopi mama dibawah 200-250 miligram cafein per hari. Kafein dapat menghambat aktivitas otot tube fellopian, yang membawa sel telur ke rahim.

4. Hindari pestisida

Pestisida merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesuburan. Oleh karena itu sangat baik untuk anda menghindari makanan yang mengandung pestisida.

5. Berlibur

Stress dan memiliki kondis psikologi yang buruk akan memberikan anda pengaruh buruk bagi kesuburan. Oleh karena itu berlibur dan merasakan rileks sangatlah perlu untuk anda.

6. Konsumsi multivitamin

Menambah asupan multivitamin pre-natal seperti folic acid, vitamin B12 dan selenium dipercaya bisa menambah kesempatan untuk hamil.

7. Berjemur

Sinar matahari mampu mendorong kesuburan untuk pria dan wanita dengan menaikkan tingkat vitamin D. Penelitian di Austria menemukan bahwa vitamin D dapat menaikkan hormon progesteron dan oestrogen pada wanita, dan menambah jumlah sperma pada pria.

8. Lemak

Tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan. Tubuh memerlukan lemak esensial seperti minyak Omega 3 dan Omega 6 yang terdapat pada salmon, sarden, herring dan makarel. Sebaliknya, mama harus menghindari lemak jenuh yang dapat menyumbat penyerapan lemak esensial oleh tubuh.

9. Minum air mineral

Air mampu mendorong sirkulasi darah ke daerah rahim. Apabila wanita kekurangan cairan, sistem reproduksi akan melemah karena tubuh akan menyalurkan cairan ke organ lain yang membutuhkan terlebih dahulu.

10. Pilih Makanan Yang Baik

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zinc (zat besi) namun penelitian menyimpulkan bahwa 9 dari 10 orang defisiensi atau kekurangan pada mineral yang penting ini. Hal ini disebabkan oleh banyak makanan yang telah mengalami proses. Misalkan gandum, seharusnya mengandung zat besi namun 80% telah dihilangkan dalam pembuatan roti untuk memperpanjang daya simpan. Cobalah mengkonsumsi mangga, biji labu dan ikan yang kaya akan zat besi.

Terima kasih telah membaca 10 cara ampuh meningkatkan kesuburan dengan cepat secara alami. Semoga dengan tips diatas kesuburan pada diri anda dapat bertambah dengan cepat.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Agar Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar