Kamis, 05 Desember 2013

Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga

BlogDokter - Telinga adalah salah satu indra pendengaran yang sangta peting dijaga kesehatannya. Indra ini tentunya sangat sensitif dan jika mengalami kerusakan akan memberikan dampak yang buruk bagi anda. Oleh karena itu dalam menjaga kesehatan telinga maka penting bagi anda untuk mengetahui cara mengobati infeksi telinga.

Namun cara alami di bawah ini penting anda coba namun tetaplah berkonsultasi dengan dokter anda.

Cara Alami Mengobati Infeksi Telinga

Ilustrasi Dokter Mongobati Telinga Infeksi
Berikut cara alami mengobati infeksi telinga

1. Daun Anggrek

Semua jenis anggrek akan sangat berguna. Anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air.

2. Kunyit

kunyit, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura).

Cara Penggunaan :
Kedua bahan ditumbuk halus menjadi satu dan diperas diambil airnya.
Bersihkan telinga dengan menggunakan kapas hingga benar-benar bersih. Setelah itu teteskan cairan tersebut kedalam telinga sebanyak 3 tetes. Agar ramuan tersebut tidak keluar tutup telinga dengan menggunakan kapas. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.
Saran-saran :
Banyak makan makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin K; hati, kedelai, bayam, dll.
Jangan makan ikan laut, udang, kepiting, cumi.
Jangan minum minuman beralkohol.
Jangan terkena terik matahari pada siang hari.

Ada Juga Tanaman Untuk Obat Sakit Gendang Atau Lubang Telinga Lainnya :

3. Bawang Bombai

Bawang bombai/bombay adalah sejenis bawang yang biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya.
Disebut bawang bombay karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombay (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.
Istilah bawang bombay berasal ketika komoditas ini pertama kali dibawa oleh pedagang-pedagang dari kota Bombay (sekarang disebut Mumbay), India, ke Indonesia. Bawang bombay (allium ceva) termasuk herba biennial (tanaman dua musim) yang dibudidayakan sebagai tanaman annual (semusim), kecuali untuk produksi benih.

Bawang bombay atau bawang timur berada dalam satu garis keturunan dengan bawang merah (allium cepa L). Perbedaannya tidak terlalu menyolok, kecuali bentuk dan bau atau aromanya. Ia memiliki umbi yang berlapis, yang terbentuk dari pangkal daun / lapisan-lapisan yang membesar dan bersatu dan selanjutnya membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar, dan menjadi umbi berlapis. Tanamannya sendiri memiliki akar serabut dengan daun berbentuk silinder berrongga.
Di dalam Bawang Bombay terdapat kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asiri, quercitin, dan curcumin Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Bawang Bombay memiliki manfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) hingga 30%, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan insulin di hati, merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan menekan serangan osteoporosis.

Cara Penggunaan:

Bawang bombai dijus
Salah satu obat alami adalah jus bawang bombai. Dua atau tiga tetes sudah cukup untuk menyembuhkan infeksi telinga dan menghilangkan rasa sakit.
Demikianlah tips atau info beberapa tanaman untuk obat sakit gendang atau lubang telinga.

Terima kasih telah membaca cara alami mengobati infeksi pada telinga. Semoga dengan cara diatas infeksi pada telinga anda dapat teratasi dengan cepat.

Baca juga : 4 Tips Baik Untuk Menjaga Kesehatan Telinga