Selasa, 10 Desember 2013

5 Tips Mengembalikan Pola Tidur Sehat

BlogDokter - Salah satu kunci utama seseorang menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh adalah dengan memperbaiki pola istirahat yaitu tidur. Jika pola tidur anda baik dan juga memiliki kualitas tidur yang baik maka hal tersebut dapat membantu anda memperolah pola hidup yang sehat. Namun banyak orang yang kehilangan kesempatan untuk memiliki pola tidur.Oleh karena itu beberapa tips di bawah ini sebaiknya anda ikuti untuk mengembalikan pola atau siklus tidur yang sehat anda.

5 Tips Mengembalikan Pola Tidur Sehat

Ilustrasi Pola Tidur Yang Teratur dan Menyehatkan
Berukut 5 tips alami mengatur pola tidur yang sehat

1. Makanlah buah-buahan dan sayuran serta mengonsumsi multivitamin

Menjaga kadar gula darah dalam tubuh sangatlah penting. Sebab dengan memiliki kadar gula yang baik maka hal tersebut maka ia juga kan turut menjaga pola hidup sehat. Jauhi makanan yang sangat halus dan makanan olahan berat serta hindari makan setidaknya 12 jam sebelum Anda berencana untuk bangun. Sebaliknya, jika Anda ingin minum sesuatu sebelum tidur, cobalah minum teh herbal seperti chamomile atau markisa.

2. Melakukan Yoga
Mengatur pernafasan dengan baik akan memperbaiki pola tidur anda. Dengan melakukan yoga menggabungkan latihan pernapasan dan meditasi. Kegiatan beryoga ini dapat membantu mengurangi stres dan mengakibatkan lebih nyenyak, selain membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama.

3. Tidur tujuh atau delapan jam tidur setiap hari
Hindari untuk tidur dalam jangka waktu lama. Sebab dengan tidur lama maka proses bangun anda juga akan terganggu dan secara keseluruhan mengganggu pola tidur anda.

4. Rajin membuka tirai kamar tidur Anda setiap pagi hari
Biarkan tirai anda terbuka agar di pagi hari sinar mataari bisa masuk. Tidur di ruangan gelap dapat memaksa Anda untuk bangun kesiangan. Hal ini memicu tubuh Anda untuk menyesuaikan jam biologis untuk hari baru.

5. Menggunakan Suplemen alami dan Akupuntur
Suplemen yang bisa membantu pola tidur cukup baik namun anda harus berhati-hati. Pilihlah suplemen yang alami . Jika dibutuhkan, anda dapat membeli dan menggunakan suplemen alami seperti serin fosfatidilkolin, yang membantu untuk mengembalikan jam biologis Anda dengan mengurangi stres. Selain itu, anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan lain seperti akupunktur (penggunaan jarum untuk merangsang berbagai titik tekanan pada tubuh). Akupunktur bisa membantu untuk meningkatkan melatonin malam hari dan membantu mengurangi kecemasan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Terima kasih telah membaca 5 cara mengembalikan siklus tidur sehat. Semoga dengan tips diatas pola tidur anda dapak kembali normal dan melakukan aktifitas pagi tanpa rasa ngantuk.

Baca juga : 3 Makanan yang Konsumsi Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar