Kamis, 12 Desember 2013

8 Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Blog Dokter - Cara Alami Mengobati Gigi Ngilu. Gigi sensitif merupakan hal yang sangat mengganggu. Gigi sensitif  dapat menyebabkan gigi ngilu yang akan mengganggu saat makan atau pun aktivitas lainnya.

Oleh karena itu  anda harus mengatasinya dengan cara yang alami agar tidak memiliki efek samping yang beresiko bagi kesehatan gigi anda karena gigi memiliki kontak saraf pada bagian tubuh jadi sebaiknya anda melakukan perawatan atau pengobatan jika gigi atau gusi anda bermasalah.

8 Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi Ngilu
Ilustrasi Wanita Mengalami Gigi Ngilu

1. Selalu gunakan pasta gigi untuk gigi yang sensitif


Pasta gigi khusus gigi yang sensitif banyak tersedia di pasaran. Guakanlah pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi anda ngilu.


2. Gunakan pembersih mulut (Mouthwash) untuk menjaga kesehatan gigi sensitif

Gunakanlah mouthwash agar gigi anda terhindar oleh ngilu. Sebab ada zat aktif yang bisa berfungsi untuk mengusir kuman dan mengancurkan karang gigi yang menyebabkan gigi terasa ngilu.


3. Gunakanlah sikat gigi yang lembut



Hindari pemakaian sikat gigi yang kaku cobalah berganti pada sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang keras dan kaku bisa mempercepat pengikisan pada email gigi. Rendamlah sikat gigi yang kamu pakai ke dalam air panas untuk melembutkan dan mengangkat kototran yang menempel pada sikat gigi.


4. Menggosok gigi secara perlahan

Gigi sensitif sangat rentan terhadap benda-benda yang mempercepat proses pengikisan. Salah satunya adalah cara menggosok gigi dengan cepat ataupun terburu-buru. Gosok gigilah dengan berlahan-lahan agar tidak merusak email gigi.

5. Hindari Makanan Yang Terlalu panas dan Dingin

Suah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang dingin dan panas akan membuat gigi ngilu. Hindari makanan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Hindari juga memakan buah-buahan yang terlalu asam, termasuk minuman yang juga terlalu asam.

6. Jangan Makan yang Panas dan Dingin

Jangan berpindah ke makanan yang terlalu dingin setelah memakan makanan yang terlalu panas, begitupun sebaliknya, karena ini akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif.

7. Jangan makan permen karet


Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.

8. Sikatlah gigi secara teratur

Selain itu telitilah dalam menyikat gigi anda. Terlalu sering lupa menyikat gigi akan meningkatkan kadar asam dalam mulut dan merapuhkan gigi anda. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menjadi penyebab gigi sensitif.

Terima kasih telah membaca 8 cara alami mengatasi gigi ngilu. Semoga dengan tips diatas gigi sensitif dan ngilu pada gigi sahabat blog dokter dapat teratasi dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar