Minggu, 06 April 2014

10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Blog Dokter - Rahasia kesehatan orang-orang cina yang berumur panjang hanyalah terletak pada kesehatan jiwanya. Salah satu cara meraihnya yaitu dengan cara bermeditasi dan juga mengikuti olahraga yoga. Sudah banyak kalangan yang menerapkan yoga, namun masih ada juga orang yang tidak menerapkannya karena tidak mengetahui manfaat dari yoga tersebut.

10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Memulai Yoga
Berikut merupakan 10 Manfaat yoga bagi kesehatan.

1. Memperlancar pernapasan
Yoga menfokuskan gerakannya pada pernafasan. Dengan tehnik pernapasan yang baik maka asupan oksigen akan baik pula pada tubuh anda dan tentunya berpengaruh pada kesehatan seluruh organ tubuh.

2. Meratakan perut
Naukasana dan Ushtrasana adalah bagian dari istilah gerakan yoga, dimana anda akan diarahkan untuk posisi sit up. Dengan gerakan ini maka akan membantu anda untuk meratakan perut anda.

4. Melindungi tulang punggung
Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredam kejut antartulang belakang juga butuh dilatih. Jika rajin berlatih backbend, forward bend, dan twist, Anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih fleksibel.

4. Menurunkan tekanan darah
Yoga juga sangatlah bermanfaat bagi tekanan darah. Ada baiknya Anda mencoba yoga jika menderita hipertensi. Dua penelitian hipertensi dari jurnal medis Inggris The Lancet, membandingkan efek pose savasana dengan hanya berbaring di sofa. Setelah tiga bulan savasana disebut menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin dan 15 poin pada tekanan diastolik.

5. Meningkatkan kecerdasan
Satu komponen penting yoga adalah fokus pada keadaan sekarang. Penelitian menemukan bahwa latihan yoga teratur memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi transendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tak mudah terganggu masalah lain.

6. Mencegah osteoporosis
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yoga yang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri. Pose downward atau upward facing dog membantu menguatkan tulang lengan yang rentan kena osteoporosis. Yoga juga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.

7. Mengurangi stres
Tentu saja ketenangan jiwa akan terjaga saat anda yoga. Dengan jiwa yang tenang maka akan sangat bermanfaat untuk mengurangi stress.

8. Melancarkan peredaran darah
Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Yoga juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.

9. Menyehatkan jantung
Dengan sirkulasi pernapasan dan darah yang lancar, maka arteri dan jantung Anda menjadi lebih sehat. Yoga membantu melancarkan peredaran darah karena akan mencegah penyumbatan darah.

10. Mencegah rasa sakit dan nyeri
Karena yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, maka yoga pun dapat membantu Anda dalam mencegah sakit punggung dan nyeri. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki struktur dan postur tubuh menjadi lebih baik.

Melakukan yoga sangat baik untuk kesehatan karena dengan yoga jiwa akan merasa tenang dan mempengaruhi kesehatan seluruh organ tubuh, sebab dengan melakukan yoga maka peredaran darah akan lancar. Sehingga penyakit yang berbahaya tidak mudah menyerang anda.

Terima kasih telah membaca 10 manfaat penting yoga untuk kesehatan. Semoga dengan tips diatas akan selalu sehat dan selalu fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar