Jumat, 25 April 2014

Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Blog Dokter - Penyakit ini bukanlah penyakit khusus karena siapa saja bisa menderita penyakit yang menyerang persendian ini, walaupun demikian memang sebagian besar mereka yang memilki riwayat penyakit asam urat adalah mereka yang cukup berumur atau sudah tua. 
Gejala awal yang akan ditemui adalah rasa nyeri tak tertahankan yang terjadi pada daerah sendi dan rasa nyeri itu berlangsung cukup lama. Asam urat terjadi akibat dari sisa metabolisme suatu zat, yakni zat purin. Zat purin ini bisa diperoleh tubuh dari berbagai sumber makanan, baik dari sayur dan daging, khususnya jeroan. Seharusnya ketika Anda buang air besar, zat purin ikut terbawa keluar, namun lain halnya jika ginjal Anda tidak bisa mengeluarkan sisa dari zat purin tersebut yang pada ujungnya akan menumpuk di dalam tubuh. Asam urata inilah yang kemudian akan mengalami pengkristalan dan penumpukan dalam persendian yang kemudian membuat Anda mengalami rasa nyeri dan pembengkakan yang tidak terduga. Lalu, apa saja gejala dan penyebab penyakit asam urat tersebut?.

Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat

gejala dan penyebab asam urat
Ilustrasi mengalami asam urat pada lenagan

Gejala awal ketika Anda menderita penyakit ini adalah kesemutan dan merasakan rasa nyeri atau linu dalam sekejap mata dan terjadi berulang dalam kesempatan berbeda. Kesemutan terjadi karena penimbunan asam laknat, namun bagimana jika penyebab Anda mengalami kesemutan adalah karena Anda menderita penyakit asam urat?. Sendi pada daerah kaki adalah daerah sendi yang umumnya diserang untuk pertama kali, Anda akan merasakannya di pagi hari.



Terjadi infeksi pada sendi. Penyakit asam urat membuat Anda mengalami beberapa kesulitan, khususnya jika sendi tengah mengalami infeksi, sendi yang mengalami infeksi akan tampak bengkak, kemerahan, rasanya sangat sakit dan terasa panas. Gejala dan penyebab penyakit asam urat ini merupakan gejala umum yang bisa Anda temui dan rasakan dengan cepat.Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat purin merupakan penyebab utama mengapa sendi Anda kerapkali mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, pantaulah asupan makanan Anda, jangan terlampau memanjakan diri dengan rutin mengkonsumsi daging apalagi jeroan yang jelas pasti mengandung banyak zat purin di dalamnya. 

Oleh karena itu, diperlukan kesadaran penuh agar mulai mencoba untuk mengkonsumsi makanan sehat, bebas purin dan menyehatkan tubuh, terutama ginjal, karena jika ginjal sudah mengalami kerusakan, bukan hanya penyakit asam urat saja yang bisa menyerang kesehatan Anda, penyakit lainnya yang ringan atau berat akan lebih cepat menyerang tubuh Anda yang diakibatkan dari kebiasaan buruk menyantap makanan tidak sehat serta kebiasaan buruk yang jarang sekali mengunyah makanan selama 36 kali. 

Apa pun gejala dan penyebab penyakit asam uratyang Anda alami saat ini, segera mintai pertolongan pada dokter terkait agar penyakit asam urat yang Anda alami bisa lebih cepat diketahui untuk selanjutnya disembuhkan.