Selasa, 29 April 2014

Hindari 8 Gejala dan Penyebab Mata Katarak

Blog Dokter - Mata merupakan pemberian tuhan yang paling indah, karena tanpa mata, Anda tidak bisa melihat keindahan alam ciptaan tuhan. Namun bagaimana jika mata Anda perlahan-lahan seringkali mengalami gangguan, entah itu rabun jauh, rabun dekat atau mata katarak yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Mata katarak terjadi karena terdapatnya protein di dalam mata sehingga Anda tidak bisa melihat objek dengan jelas bahkan mata katarak yang levelnya sudah sangat parah bisa menyebabkan kebutaan.

8 Gejala dan Penyebab Mata Katarak

mata katarak
Ilustrasi Mata Katarak
Berikut ini gejala dan penyebab mata katarak yang mungkin bisa menambah wawasan Anda:

Usia
Tidak bisa disangkal bila mata katarak memang umumnya terjadi pada orang dewasa, semakin bertambahnya usia, protein lensa akan ikut mengalami penurunan sehingga tidak sedikit orang dewasa akan mengalami mata katarak di usia tuanya. Oleh karena itu, alangkah bijaksananya jika Anda sudah membiasakan diri sejak kecil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, seperti wortel dan berbagai jenis sayur dan buah-buahan lainnya sehingga ketika Anda beranjak dewasa, resiko terkena mata katarak pun sedikit berkurang.

Trauma
Trauma yang terjadi akan mengakibatkan banyak hal buruk bagi kondisi kesehatan mata Anda, diantara lain, Anda akan mengalami pembengkakan, penebalan serta timbulnya warna putih pada serat lensa. Warna putih itulah yang pada akhirnya menyebabkan mata Anda katarak.

Faktor genetika
Kelainan kromosom yang terjadi akibat dari faktor genetis, ditengarai sebagai gejala dan penyebab mata katarak. Hal ini terjadi karena kelainan kromosom tersebut dinilai dapat mempengaruhi kualitas dari lensa mata seseorang.

Infeksi
Kusta, toksoplasmosis, dan infeksi mata lainnya, dianggap mampu memicu munculnya katarak. Maka dari itu, jika Anda mengalami infeksi mata karena penyakit tersebut, segeralah diobati agar nantinya tidak akan menimbulkan mata katarak yang tentunya jauh lebih mengkhawatirkan karena bisa saja Anda mengalami kebutaan.

Obat mata
Obat mata sengaja diproduksi untuk mengobati sakit mata, namun obat kortikosteroid merupakan jenis obat mata yang sudah terbukti mampu membuat mata sehat dan normal menjadi mata katarak. Maka dari itu baca terlebih dahulu komposisi dari bahan obat tetes mata yang hendak Anda gunakan, pastikan aman atau tidak, sudah kadaluwarsa atau belum.

Mata gatal
Adapun gejala dari mata katarak adalah mata seringkali terasa gatal. Ketika Anda merasakan intensitas mata gatal terus bertambah, sebaiknya Anda segera periksakan mata ke dokter mata, karena mata gatal, mata yang terus menerus mengeluarkan air, mata yang tidak sanggup menahan silau nya cahaya atau mata yang mengalami penurunan kualitas penglihatan ketika malam hari menjelang, semua itu adalah gejala dan penyebab mata katarak menyerang kesehatan mata Anda. Periksakan mata secara berkala, untuk mencegah penurunan kualitas mata semakin mengalami peningkatan.

Diabetes
Tentunya anda bertanya - tanya kenapa diabetes dapat menjadi salah satu penyebab penyakit katarak. Karena jika anda menderita penyakit diabetes enzim aldosa reduktase dapat memicu munculnya katarak di mata.

Penyakit kulit
Anda tentunya pernah mendengar penyakit kulit cacar air yang dapat tumbuh di mata. Sama halnya dengan penyakit kulit dermatitis atopik, eksim, ichthyosis dan pemfigus..

Nah, jika anda sudah mengetahui gejala dan penyebab mata katarak maka segera waspadai 8 gejala dan penyebab mata katarak diatas. Mata bagaikan jendela dunia jadi Mulailah merawat mata anda, konsumsi buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan mata anda, agar dapat melihat keindahan dunia dengan jelas sampai masa tua.