Minggu, 27 April 2014

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Kolesterol

Blog Dokter - Kolesterol merupakan penyakit yang cukup marak dan populer di masyarakat, alasannya tidak lain karena cukup banyak masyarakat yang memiliki riwayat hidup dengan penyakit kolesterol didalamnya, terutama mereka yang hidup di kota besar dengan gaya hidup yang kurang sehat. Faktanya tubuh manusia memang memproduksi kolesterol di dalam tubuhnya, tidak terkecuali juga dengan binatang. 80% adalah persentase jumlah kolesterol yang diproduksi pada hati manusia, sisanya bisa didapatkan ketika mengkonsumsi makanan, terutama daging dari hewan yang dikonsumsi dengan jumlah persentase yang berbeda tiap jenis dagingnya. Kolesterol sengaja diproduksi oleh tubuh karena tubuh membutuhkannya untuk membentuk hormon tertentu serta membantu tubuh dalam metabolisme otak. 

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Kolesterol

Gejala dan Penyebab Penyakit Kolesterol
Ilustrasi Mengalami gejala kolestrol tinggi
Namun, kolesterol yang Anda peroleh dari konsumsi daging berkolestrol adalah tipe kolesterol jahat yang justru membahayakan kesehatan tubuh. Coba Anda pikirkan dengan seksama, bagimana kondisi tubuh yang sudah bisa memproduksi kolesterol sebesar 80% lantas ditambah dari persentase konsumsi kolesterol jahat  pada daging, yang bisa saja melebihi kapasitas. Hal ini merupakan gejala dan penyebab penyakit kolesterolakan segera merusak kesehatan organ dalam tubuh.

1. Cepat merasa lelah.
Mudah sekali lelah ketika mengerjakan sesuatu atau tidak mengerjakan sesuatu. Ketika Anda merasakan kebugaran tubuh menurun drastis, bisa jadi ada masalah pada kadar kolesterol dalam darah, apalagi jika didukung fakta dengan kebiasaan Anda yang gemar menyantap makanan berat dari daging atau makanan berkolestrol tinggi lainnya.

2. Mudah merasa ngantuk.
Mata terasa sangat berat untuk dibuka padahal semalam Anda sudah tidur lelap selama 8 jam lamanya, kondisi ini merupakan gejala dan penyebab penyakit kolesterol sudah mulai menghampiri Anda. Karena normalnya seseorang yang sudah tidur cukup, tidak akan mudah merasa lelah dan mengantuk kecuali sebelumnya telah melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam pesawat.

3. Sering mengalami nyeri.
Merasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, terutama batang leher, daerah bahu serta daerah punggung dan sekitarnya. Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat kelebihan kolesterol dalam darah lebih kepada kesemutan atau pegal-pegal.

4. Kram pada otot.
Gejala dan penyebab dari penyakit kolesterol lainnya adalah serangan kram pada tengkuk kepala, pundak yang terdapat di bagian belakang. Ketika kolesterol dalam darah meningkat dengan drastis, Anda juga akan merasakan rasa kram pada otot-otot di seluruh bagian tubuh tersebut. 

5. Kaki membengkak
Kaki mendadak mengalami pembengkakan. Sebelumnya Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat yang dapat membuat kondisi kaki membengkak, seperti olahraga kaki, namun secara tiba-tiba kaki mengalami pembengkakan. 

Jika secara tidak disadari Anda merasakan satu atau semua dari gejala dan penyebab penyakit kolesterol ini, cobalah untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, jika memang terbukti tubuh Anda memilki kadar kolesterol yang tinggi, lakukanlah beberapa cara yang dianjurkan dan diperbolehkan oleh dokter terkait untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan pada darah.
Baca juga : 10 Cara Mencegah Serangan Stroke