Sabtu, 26 April 2014

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis Ringan dan Berat

Blog Dokter - Hati adalah organ yang penting untuk membantu kelangsungan hidup manusia, karena berperan besar dalam menyaring toksin yang terkandung dalam darah. Ketika hati Anda terkena penyakit, sudah pasti tubuh akan mengalami resiko kelangsungan hidup yang cukup riskan karena tubuh sudah tidak mampu menyaring racun dengan baik, yang mana kemudian akan membuat racun menyebar keseluruh tubuh. Adapun penyakit yang paling banyak menyerang hati manusia adalah penyakit hepatitis. 

Penyakit ini dinilai mampu untuk merusak fungsi hati, pada umumnya hepatitis terjadi karena virus yang dibawa dan ditularkan oleh penderita hepatitis sebelumnya. Penyakit hepatitis B merupakan tipe penyakit hepatitis yang paling banyak menyerang kesehatan hati manusia, meskipun kenyataannya hepatitis jenis ini terdiri dari 5 jenis virus yang nantinya bisa dikelompokkan sesuai dengan abjadnya dari A-E. Gejala dan penyebab penyakit hepatitisbegitu beragam, oleh karenanya simaklah dengan baik penjelasannya di bawah ini:

5 Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis Ringan dan Berat

Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis
Ilustrasi Wanita mengalami gejala hepatitis
Berikut 5 gejala dan penyebab penyakit hepatitis yang mesti anda ketahui.

1. Hilangnya Nafsu Makan
Nafsu makan tiba-tiba menghilang. Makanan yang disajikan sebenarnya adalah makanan kesukaan Anda dan jarang sekali makanan tersebut bisa ada di meja makan, dalam kondisi sehat, tentunya Anda akan langsung melahap semua makanan itu hingga habis tak bersisa, namun tidak demikian ceritanya jika Anda tengah menderita penyakit hepatitis, nafsu untuk menyantap makanan perlahan-lahan mulai menghilang bahkan ketika makanan kesukaan Anda tersaji di meja makan.

2. Cepat Merasa Lelah
Kelelahan memang bisa terjadi karena banyak faktor, namun bagimana jika alasan dibalik mengapa tubuh Anda sering kelelahan adalah karena Anda sudah terkena virus hepatitis yang dibawa oleh pihak lain?. Untuk lebih amannya, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin agar gejala dan penyebab penyakit hepatitisini bisa lebih cepat terdeteksi.

3. Warna urin dan Tinja berbah warna
Warna urine berubah menjadi gelap atau kotoran atau tinja berwarna lebih terang adalah gejala lainnya ketika seseorang menderita penyakit hepatitis. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi hati yang rusak sehingga tidak aneh rasanya jika cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh pun bisa berubah warnanya.

4. Gatal - gatal pada tubuh
Gatal pada badan. Serangan gatal mendadak pada badan bisa saja terjadi karena penyakit hepatitis. Anda sebenarnya tidak pernah sam sekali mengalami masalah kulit, namun suatu saat secara tiba-tiba kulit Anda terasa sangat gatal. Gatal pada badan yang terjadi secara mendadak bisa menjadi pertAnda buruk bahwa tubuh Anda sedang berada dalam kondisi yang kurang baik.

5. Mengalami Pusing dan Pingsang

Pingsan, pendarahan bahkan koma adalah gejala dan penyebab penyakit hepatitisyang sudah sangat parah. Sebagian besar penduduk Indonesia tidak tahu jika anggota keluarganya tengah menderita penyakit hepatitis sebelum gejala ini muncul, karena melihat dari gejala sebelumnya yang tidak terlalu gawat di mata orang awam sehingga mereka tidak menyadari jika sakit yang sedang dialami oleh salah  satu anggota keluarganya adalah penyakit hepatitis. 

Terima kasih telah membaca 5 gejala dan penyebab penyakit hepatitis. Semoga dengan informasi diatas anda dapat mengambil langkah yang baik untuk kesehatan aanda.