Sabtu, 19 April 2014

12 Makanan yang Memiliki Kandungan Protein Terbaik

Blog Dokter - Kesehatan sangatlah bergantung dari jenis makanan yang anda konsumsi. Kandungan terhadap makanan akan memberikan manfaat tertentu bagi fungsi-fingsi tubuh. Beberapa kandungan dari makanan tentunya berperan sangat besar, salah satunya ialah kandungan protein yang ada pada makanan.

Kebanyakan dari kita tidak memperhatikan kandungan protein dari makanan yang kita konsumsi. Hal tersebut terjadi karena sebagian dari kita tidak mengetahui makanan apa sajakah yang mengandung protein yang baik.

12 Makanan yang Memiliki Kandungan Protein Terbaik

makanan berprotein
Ilustrasi jenis makanan berprotein
Berikut 12 Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

1. Ikan
Anda mungkin sering mengonsumsi ikan setiap hari. Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan baik bagi tubuh anda.

2. Telur
Salah satu makanan yang memiliki protein terbaik ialah telur.  Kualitas protein yang terdapat dalam telur dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah Biological Value (BV). Semakin tinggi BV artinya protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh.

3. Daging putih (white meat)
White meat memiliki kandungan protein yang baik pula. Salah satu white meat yang baik adalah daging ayam yang sangat mudah anda temukan. Namun anda juga perl berhati-hatu mengonsumsi ayam berlebihan sebab ia juga mengandung lemak yang banyak.

4. Udang
Sumber proein hewani yang baik ada pada udang. Selain itu ia juga banyak mengandung protein. Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

5. Keju
Sudah tidak asing lagi bahwa kandungan protein yang ada dalam keju memang sangatlah banyak. Oleh karena itu menggunakan keju di setiap bahan kue atau bahan makanan dianjurkan untuk anda jika memiliki masalah kekurangan protein.

6. Kacang Almond
Kacang almond merupakan kacang yang mengandung serat yang alami. Ia juga sangat baik karena mengandung protein yang berguna bagi tubuh anda. Diantara banyak jenis kacang, jenis kacang almond lah yang memilika sangat banyak manfaat.

7. Kacang Polong
Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi. Satu cangkir kacang-kacangan mengandung 12-15 gram protein.

8. Kacang Kedelai
Selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.

9. Susu Murni

Kandungan protein yang ada pada susu sangatlah kaya sebab ia mengandung kandungan asam amino yang juga sangatlah kaya. 

10. Tahu
Tahu mungkin memiliki rasa yang kurang menarik. Namun jangan salah dengan kandungan protein yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu banyak variasi makanan yang bisa anda olah agar rasanya bia menjadi menarik.

11. Tempe
Protein nabati yang ada pada tempe sangatlah kaya dan sangat baik. Oleh karena itu tempe selain rasanya yang enak juga bisa memberikan manfaat yang bauk bagi tubuh.

12. Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran yang dikatan sayuran lengkap sebab mengandung serat, karbohidrat, vitamin dan mineral. Sehingga mengonsumsinya setiap hari akan memberikan banyak manfaat.

Nah, makanan yang mengandung banyak protein telah kami berikan. Oleh sebab itu anda sebaiknya mengubah pola makan dengan menambahkan menu dari bahan malakan diatas.