Selasa, 29 April 2014

4 Penyebab Penyakit Bisul Karena Gaya Hidup Salah

Blog Dokter - Selama dari kecil hingga saat ini, apa Anda pernah mengami penyakit bisulan?. Bisul adalah kumpulan nanah yang terdapat pada jaringan yang tengah terinfeksi bakteri, parasit, atau benda lainnya yang bisa mengeluarkan racun. Staphylococcus aureus merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan bisul muncul di tubuh Anda. Bisul yang parah, meradang akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan sehingga seseorang yang tidak memilki kekebalan tubuh yang baik akan lebih mudah untuk terserang demam. Jika tanpa sengaja, bisul pecah, nanah yang ada didalamnya akan keluar disertai juga dengan sedikit darah. Lalu, apa saja penyebab penyakit bisul ?

4 Penyebab Penyakit Bisul Karena Gaya Hidup Salah

penyakit bisul
Ilustrasi penyakit bisul pada betis
Oleh karena itu ketahui 4 penyebab penyakit bisul karena gaya hidup yang salah agar anda dapat memulai pola hidup yang sehat dan terhindar dari bisul yang dapat merusak kulit.

Kurang menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan tubuh menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa memilki bisul di tubuhnya, mereka yang kurang merawat tubuh memilki resiko yang lebih besar untuk menerima sejumlah bakteri jahat dengan mudah, perkembangan bakteri yang mudah menyebabkan bakteri lebih cepat menyebar. Oleh karenanya, Anda setidaknya harus membiaskan diri untuk membersihkan tubuh 2x dalam waktu satu hari, pagi & malam. Lebih baik lagi jika Anda bisa meluangkan beberapa jam saja untuk memanjakan dan menyegarkan tubuh dengan melakukan perawatan lulur, spa atau masker badan.

Gesekan antara pakaian dan kulit
Memilih pakaian adalah hak milik pribadi, Anda bebas mengapresiasikan diri dengan mencoba memadukan pakaian Anda dengan aksesori atau padu padan warna, pakaian tidak hanya cantik, namun juga dibutuhkan, tanpa pakaian seseorang akan merasa malu untuk keluar rumah, karena memang tidak sesuai dengan aturan nilai dan norma. Melihat kebutuhan akan pakaian yang tidak akan pernah ada matinya, para designer berlomba untuk menghasilkan icon pakaian terbaru yang bisa sukses di pakai di pasaran, para designer sangat memperhatikan bahan, warna dan beberapa tambahan detail sebagai penyempurna. Lalu, bagaimana jika bahan pakaian yang Anda gunakan justru menjadi penyebab penyakit bisul?. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, cobalah untuk selalu memakai pakaian yang tidak terlalu ketat, sehingga gesekan antara pakaian dan kulit tidak terjadi sesering mungkin.

Kurang sempurna mencukur
Perlu diketahui jika Anda bisa memiliki bisul karena kurang pAndai mencukur sehingga disadari atau tidak disadari hasil cukuran Anda selalu mengecewakan, karena terdapat sisa. Agar tubuh tidak ditumbuhi bisul, sebaiknya Anda melakukan aktivitas pembersihan ini dengan benar, sehingga tidak ada satu pun bagian yang tetsisa dan bisa menyebabkan pakaian. 

Gangguan sistem kekebalan Tubuh
Imuune system (sistem kekebalan tubuh) berfungsi untuk mencegah kuman, bakteri, racun dan virus yang masuk kedalam tubuh. Imuune system dapat menghancurkan virus dan mengubah bentuknya. Jadi jika anda sedang mengalami gangguan kekebalan tubuh anda akan sangat mudah terkena penyakit kuli seperti kulit bopeng, radang kulit, jerawat dan bisul.

Dari keseluruhan penyebab penyakit bisul yang telah dibahas sebelumnya, apa Anda kini sudah mengetahui apa saja hal atau kebiasaan yang Anda lakukan yang ternyata bisa memicu tumbuhnya bisul di tubuh. Jika Anda sudah menyadarinya dengan baik, alangkah bijaknya jika Anda berusaha untuk menghindari bahkan lebih baik lagi jika menghilangkannya.